Oleh-oleh Erick Thohir dari Qatar: Surat FIFA hingga Kepastian Sanksi

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2023, 11:42
erick thohir, fifa, piala dunia u20
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersiap memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir telah kembali dari Doha, Qatar guna bernegosiasi dengan FIFA soal nasib sepak bola RI. Kepergian Erick dilakukan usai organisasi sepak bola internasional itu membatalkan drawing Piala Dunia U20.

Ujung-ujungnya, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Keputusan tersebut diambil hanya beberapa jam usai Erick tiba di Doha.

Pulang dari Doha, Erick langsung meluncur ke Istana untuk menghadap Jokowi. Setelah itu ia memberikan keterangan kepada awak media selama kurang lebih 15 menit.

Dalam keterangannya, ia memastikan Indonesia akan terkena sanksi oleh FIFA. Meski demikian, Erick diperintahkan Jokowi untuk melobi agar hukuman yang diberikan tidak berat.

"Kalau kita tidak bisa ikut kompetisi secara maksimal di seluruh dunia sebagai tim nasional maupun klub, ini akan jadi sebuah kemunduran," katanya pada Jumat (1/4).

Berikut poin-poin yang disampaikan Erick usai berunding dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha:

Alasan Utama Pembatalan Piala Dunia U20

Erick menjelaskan pembatalan Piala Dunia U20 di Indonesia karena adanya penolakan terhadap kedatangan tim nasional Israel. Bahkan, keberatan disampaikan oleh elemen peemrintah pusat dan daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...