Megawati Dikabarkan Umumkan Ganjar Pranowo Sebagai Capres Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
21 April 2023, 10:43
ganjar, megawati, pdip
Youtube/Ganjar Pranowo
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat pelantikan Wali Kota Semarang, Senin (30/1). Foto: Youtube/Ganjar Pranowo

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan akan mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden hari ini. Jika tidak ada perubahan besar, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan nama Ganjar siang ini di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi dari sumber di PDIP, hal ini telah disepakati oleh internal partai banteng. Partai disebut tak mau menyorongkan tokoh sebagai calon wakil presiden di tengah adanya tekanan dari koalisi besar.

Bahkan pekan lalu Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Puan Maharani telah bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas soal potensi pencalonan Ganjar. Dalam pertemuan tersebut, Puan disebut legowo menyerahkan mandat ke rekan separtainya.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sinyal pengumuman baru akan dilakukan pada Mei, Juni, atau Agustus 2023. Mega disebutnya akan mempertimbangkan banyak hal.

"Akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat," kata Hasto dalam keterangannya, Jumat (21/4) dikutip dari Antara.

Hasto mengatakan pada bulan Mei dan Juni banyak momentum historis. Tanggal 20 Mei sudah ditetapkan Presiden pertama Indonesia, Soekarno sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Sedangkan 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila. Adapun, Agustus adalah bulan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Karena itulah, DPP partai agar selalu siap sedia tunggu komando yang ada," katanya.

Reporter: Tim Redaksi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...