Kesaksian Tio Pakusadewo, Ini Daftar Kasus Narkoba dari dalam Penjara

Andi M. Arief
3 Mei 2023, 19:49
narkoba, tio pakusadewo, penjara
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Polisi menata barang bukti saat ungkap kasus peredaran narkoba di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/3/2023).

Keterlibatan anak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly di Lapas Cipinang menjadi ramai belum lama ini. Akar dari pembicaraan tersebut adalah pernyataan aktor Tio Pakusadewo di media sosial.

Dalam wawancara di Youtube Uya Kuya, Tio awalnya menyebut bagaimana pabrik narkoba dikendalikan dari penjara.  "Mereka bikin di dalam, (misalnya) vape yang ada ganjanya," kata Tio kepada Uya Kuya pada wawancara yang disiarkan pada Minggu (30/4).

Tak hanya itu, Tio sempat menyinggung adanya seorang narapidana yang bisa mengatur pembuatan narkoba dari dalam sel. Bahkan, napi tersebut bisa mengatur peredaran narkoba di beberapa lokasi seperti Bali hingga Bandung.

"Beredarnya (narkoba itu) di kampus-kampus. Ini kartel," katanya.

Selain itu, Tio menjelaskan ada yayasan yang menguasai bisnis di lapas. Yayasan itu menguasai kantin dan bisnis minuman yang menyediakan makanan layak dimakan. Sedangkan makanan di penjara tak layak di makan.

"Nama nasinya cado, hanya bisa dimakan lima menit pertama," kata dia. 

Ia juga menyinggung ada narapidana menggaet anak menteri untuk berbisnis di dalam penjara secara ilegal. Meski demikian, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly membantah keterlibatan anaknya dalam bisnis ilegal di lembaga pemasyarakatan atau lapas.

Yasonna juga membantah anaknya yang bernama Yamitema Laoly terlibat dalam Yayasan Jeera yang menjalankan bisnis di lapas. Yasonna menyatakan tudingan kepada anaknya terkait urusan politik. "Biasa lah, politik," kata dia.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...