Survei Indikator: Ganjar - Sandiaga Unggul Atas Prabowo - Erick

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2023, 14:42
ganjar, sandiaga, erick, prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo melihat foto yang dipajang pada pameran 25 Tahun Reformasi di Graha Pena 98, Menteng, Jakarta, Sabtu (13/5/2023).

Survei politik mulai memetakan kemungkinan pasangan calon presiden dan wakil presiden serta kans kemenangannya. Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan pasangan Ganjar Pranowo - Sandiaga Uno unggul jika dipasangkan melawan Prabowo - Erick Thohir.

Survei dilakukan pada 30 April hingga 5 Mei 2023 kepada 1.200 responden dengan metode wawancara. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil survei, pasangan Ganjar - Sandiaga bisa mendapatkan 38% suara responden. Sedangkan Prabowo dan Erick dipilih oleh 32,2% pemilih.

Adapun, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono hanya mendapatkan 19,2% suara responden. Sisa 10,6% suara menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Pasangan Ganjar dan Sandiaga juga masih unggul dalam simulasi yang melibatkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pasangan ini mendapatkan 37% suara, sedangkan Prabowo Erick meraih 34,3% suara.

Kunjungan Menparekraf ke Pesantren Nurul Huda
Kunjungan Menparekraf ke Pesantren Nurul Huda (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.)

Adapun pasangan Anies dan Khofifah mendapatkan 17,9% suara. Sedangkan sisa 10,8% suara menyatakan tidak tahu atau tak menjawab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...