Nama Calon Menkominfo Baru Mulai Beredar: Hary Tanoe hingga Wishnutama

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2023, 17:59
menkominfo, hary tanoe, wishnutama
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Menkominfo Johnny G Plate meninjau ruangan Media Center KTT ASEAN di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/5/2023). Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung tanggal 9-11 Mei 2023. Johnny ditetapkan jadi tersangka kasus BTS pada Rabu (17/5).

Johnny G Plate saat ini telah menjadi tersabgka kasus pengadaan BTS di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Presiden Joko Widodo juga telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD untuk menjadi Pelaksana tugas Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Plt Menkominfo Pak Menko Polhukam. Kejaksaan Agung akan terbuka," kata Presiden Jokowi di Lanud Angkatan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jumat (19/5).

Bersamaan dengan itu, sejumlah nama tokoh mulai muncul sebagai calon Menkominfo definitif. Meski demikian, Jokowi belum memutuskan nama pengganti Plate hingga 2024.

Adapun, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh, mengatakan menerima keputusan jika Plate dikeluarkan dari Kabinet Indonesia Maju. Partai Nasdem tidak akan menyerahkan nama baru yang akan menggantikan Johnny jika sang Sekretaris Jenderal dicopot.

"Tidak ada yang lebih bodoh dari Partai Nasdem untuk mengajukan nama baru tanpa diminta presiden," kata Paloh di Nasdem Tower, Rabu (17/5).

Adapun, beberapa nama mulai digadang sebagai pengganti Plate. Dari berbagai sumber pemberitaan, berikut beberapa nama tersebut:

Hary Tanoesoedibjo

Ketua Umum Partai Perindo Haru Tanoesoedibjo menjadi salah satu nama yang dikabarkan mengisi posisi Menkominfo. Hal ini sempat ditanyakan langsung awak media saat pemilik MNC Group itu hadir di Istana Kepresidenan beberapa hari lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...