Gelar Epilog Calonarang, Nicholas Saputra Terinspirasi Wabah

Andi M. Arief
23 Mei 2023, 20:55
epilog, calonarang, nicholas saputra
Katadata
KGPAA Mangkunegara X bersama aktris Happy Salma dan aktor Nicholas Saputra usai konferensi pers Satu dalam Cita di Jakarta, Selasa (23/5). foto: Andi M Arief.

Nicholas Saputra dan Happy Salma kembali mengadakan pertunjukan teater Sudamala: Epilog Dari Calonarang tahun ini. Nicholas menilai pertunjukkan tersebut masih relevan dengan kondisi nasional saat ini, khususnya terkait pandemi dan wabah.

Secara sederhana, Sudamala adalah usaha untuk menghilangkan hal-hal yang kotor atau yang cemar dari kehidupan. Adapun, Sudamala merupakan bagian akhir dari Calonarang.

Advertisement

Seperti diketahui, Calonarang merupakan pementasan dalam teater tradisional di Bali. Pertunjukan tersebut secara khusus dilakukan dalam acara ritual pembersihan.

"Pementasan Calonarang selalu bertujuan sebagai pengingat, pembersihan, penyadaran bahwa selalu ada wabah yang mengintai dan bagaimana berdamai dengan berbagai macam hal," kata Nicholas dalam konferensi pers, Selasa (23/5).

Nicholas menyampaikan tidak ada yang berubah dari sisi penceritaan dalam pagelaran Sudamala nanti dengan yang dilakukan di Jakarta tahun lalu. Walau demikian, Ia menyatakan akan ada hal yang baru dalam pertujukan tersebut.

Di kesempatan yang sama, Happy Salma menilai atmosfer Kota Solo akan memberikan dampak yang luar biasa pada pertunjukan Sudamala.  Pertunjukan tersebut akan diadakan pada Taman Pracima di Komplek Pura Mangkunegaran.

"Tempatnya beda, penontonnya beda, tapi gesturnya sama. Alam juga bagian dari pertunjukkan kami, jadi pasti banyak kejutan-kejutan seru," kata Happy.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement