Survei: Erick Thohir dan Ridwan Kamil Bersaing Ketat Jadi Cawapres

Ameidyo Daud Nasution
4 Juni 2023, 17:57
erick thohir, ridwan kamil, cawapres
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Ketum PSSI Erick Thohir menyampaikan keterangan pers pada peluncuran harga tiket Indonesia vs Argentina di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi salah satu nama yang masuk bursa wakil presiden. Dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Erick bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai cawapres.

Dalam simulasi 22 nama, elektabilitas Erick dan Ridwan sama kuat pada angka 14,8%. Di bawahnya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 12%.

Advertisement

Di posisi ketiga, ada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dengan elektabilitas 11,8%. Di bawahnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan tingkat keterpilihan 7,2%.

Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga masuk dalam simulasi dengan elektabilitas 5,8%. Setelah itu, ada nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang mendapatkan 4,1% suara responden.

Nama Erick sedikit mengungguli Ridwan Kamil jika survei menyempit jadi 18 nama. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu mendapatkan 15,5% suara, terpaut tipis dari elektabilitas Ridwan yakni 15,4%.

Sedangkan Mahfud menyodok ke posisi tiga dengan elektabilitas 13,4%. Di bawahnya, Sandiaga Uno yang dipilih 15,1% responden. Adapun, elektabilitas Agus Harimurti turun ke angka 5,6%.

Nama Erick banyak dipilih responden dengan latar belakang PDI Perjuangan serta Golkar. Sedangkan Ridwan Kamil dipilih responden yang memilih Partai Gerindra serta Perindo.

Mahfud MD dipilih oleh responden yang memilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), serta Partai Amanat Nasional (PAN). Sedangkan Sandiaga Uno dipilih responden pemilih Demokrat serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement