PDIP Akan Bertemu Perindo Besok, Bahas Kerja Sama Politik

Ameidyo Daud Nasution
8 Juni 2023, 14:53
pdip, perindo, pilpres
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) memberikan keterangan didampingi panitia perayaan Bulan Bung Karno Rano Karno (kiri) dan Aria Bima (kanan) di sela Rakernas III PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar pertemuan dengan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) pada Jumat (9/6). Pertemuan tersebut akan membahas kerja sama kedua partai.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan pertemuan ini merupakan upaya partai banteng merangkul seluruh elemen nasional menjelang tahun politik. Hal ini tetap dilakukan meski PDIP bisa mengusung calon presiden dan wakil presiden sendiri.

Advertisement

"Besok pagi akan dilanjutkan kerja sama politik bersama Partai Perindo," kata Hasto di Jakarta, Kamis (8/6) dikutip dari Antara.

Partai Perindo daftarkan bacaleg ke KPU
Partai Perindo daftarkan bacaleg ke KPU (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.)

Hasto juga menjelaskan soal munculnya nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam radar cawapres Ganjar Pranowo. Ia mengatakan hal tersebut merupakan semangat menggandeng semua pihak.

"Disampaikan Mbak Puan Maharani (Ketua DPP PDI Perjuangan), spirit yang ada merangkul seluruh elemen politik," kata Hasto.

Hasto tak menjelaskan apa kerja sama yang akan disepakati dengan Perindo. Namun, beberapa hari lalu, ia memberikan sinyal adanya partai yang akan memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Saat ini, Ganjar telah resmi didukung PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Hanura. Partai banteng juga telah mulai berkomunikasi politik dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Jumat minggu depan akan ada partai lain yang akan bergabung memenangkan kita," kata Hasto di Senayan, Jakarta, Minggu (4/6) dikutip dari Antara.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement