PKS Akan Bawa Nama Cak Imin Cawapres Anies ke Majelis Syura

Ameidyo Daud Nasution
2 September 2023, 17:18
pks, anies, muhaimin
PKS
Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat berpidato di Jakarta, Sabtu (2/9). Foto: PKS.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut keputusan Anies Baswedan yang menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden. Meski demikian, PKS belum memberikan lampu hijau secara resmi.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan keputusan tersebut akan dibahas oleh Majelis Syura terlebih dulu. Hal ini sesuai dengan aturan main yang ada dalam partai.

"Kewenangan menetapkan kebijakan partai terkait pemilihan presiden atau wakil presiden adalah majelis syura sebagai majelis tertinggi," kata Syaikhu dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (2/9).

Majelis Syura adalah majelis permusyawaratan tertinggi PKS yang berisi perwakilan anggota hingga tingkat daerah. Majelis Syura sebelumnya telah menetapkan Anies sebagai capres.

"Mereka akan membawa masukan dari kader dan simpatisan," kata Ketua DPP PKS Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Al Muzammil Yusuf dalam kesempatan yang sama.

Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Surya Paloh sebelum deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9). Foto: Istimewa.
Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Surya Paloh sebelum deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9). Foto: Istimewa. (Istimewa)

Syaikhu tak hadir dalam agenda deklarasi Anies dengan Cak Imin di Surabaya hari ini. Meski demikian, Al Muzammil mengatakan Syaikhu dan para petinggi PKS tetap mengikuti acara secara virtual.

Anies dan Muhaimin resmi deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur hari ini. Acara diawali dengan pidato Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Usai berpidato, Surya mengucapkan selamat dan merangkul Anies serta Muhaimin.

"Ketika KPU membuka pendaftaran capres dan cawapres, maka Insya Allah pasangan ini yang akan mendaftar pertama," kata Surya saat berpidato di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9) seperti disiarkan dalam Kompas TV.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...