Erick Thohir akan Bantu Kampanye Prabowo Meski Gagal Jadi Cawapres

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Oktober 2023, 12:56
erick thohir, prabowo, cawapres
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) menyimak pidato Presiden Joko Widodo saat apel Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir bakal menjadi bagian tim kampanye nasional (TKN) pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.  Erick akan berperan dalam pemenangan meski gagal menjadi calon wakil presiden Prabowo.

Hal tersebut dikatakan oleh sejumlah petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya mengusulkan Ketua PSSI itu untuk menjadi kandidat wakil presiden Prabowo.

"Mas Erick akan membantu serius dan fokus di TKN," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi lewat pesan singkat WhatsApp pada Senin (23/10).

Hal serupa juga dikatakan oleh Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Dia menyebut Erick Thohir punya peran sentral dan penting sebagai salah satu pengatur strategi kampanye Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. 

"Peran yang strategis diserahkan ke Pak Erick untuk memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Eddy lewat sambungan telepon pada Senin (23/10).

Kendati demikian, Viva Yoga dan Eddy belum memberi rincian lebih lanjut ihwal posisi dan jabatan yang bakal diemban oleh Erick di TKN pemenangan Prabowo-Gibran.

Eddy mengatakan, pengumuman susunan dan struktur TKN Koalisi Indonesa Maju akan disahkan setelah Prabowo- Gibran mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 25 Oktober mendatang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...