Integrasikan Pelayanan Tiket, KCI-Gojek Luncurkan Aplikasi Go Transit

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Penulis: Yanuar - Tim Publikasi Katadata
24/6/2022, 22.00 WIB

Kementerian Badan Usaha Milik Negara terus mendorong peningkatan layanan publik di berbagai sektor, termasuk  transportasi. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menggandeng super-app Gojek  meluncurkan fitur ‘Go Transit’ di aplikasi Gojek.

Fitur  ini memberikan pelayanan pembelian tiket antar moda hanya dalam satu aplikasi.  Fitur ini juga dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik.

Lewat GoTransit, pengguna bisa memilih rute perjalanan terbaik. Pengguna dapat melakukan perencanaan perjalanan secara lebih efisien, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memperkirakan estimasi waktu perjalanan, hingga memantau jadwal operasional transportasi publik.

Direktur GoTo dan Head of Indonesia Sales & Ops Gojek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, fitur  ini diharapkan dapat mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line.

Secara statistik satu dari dua pengguna KRL pernah menggunakan GoRide dan GoCar. Karena itu cukup beralasan bagi pengguna bisa membeli tiket KRL Commuter Line langsung di aplikasi Gojek.

‘Hal ini akan mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line,” kata Catherine.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan, layanan ini meningkatkan kemudahan masyarakat naik KRL Commuter Line agar lebih lancar, cepat, dan minim kontak.

Fitur ini juga mendukung capaian target PT KCI untuk bisa mengangkut 2 juta orang per hari.

Masyarakat juga dapat membeli tiket nontunai memanfaatkan GoPay atau LinkAja tanpa perlu nominal deposit.

Pengguna akan mendapat kode QR pada laman fitur GoTransit di aplikasi Gojek, untuk melakukan tap-in saat waktu keluar dan masuk dari semua gerbang di stasiun Commuter Line.

Pengguna dapat membeli lebih dari 10 tiket KRL sekaligus, sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan.

Pengguna juga dapat mengubah rute tujuan. Selain itu, pengguna bisa memesan layanan transportasi dari Gojek, baik GoRide, GoCar, maupun GoBluebird, menuju dan dari pemberhentian transportasi umum seperti stasiun KRL Commuter Line.

Sebagai entitas BUMN, berbagai terobosan, inovasi, dan kolaborasi dilakukan PT KCI, untuk menjadi perusahaan yang sehat sekaligus optimal dalam melayani kebutuhan pengguna.

Peningkatan layanan publik telah diamanatkan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni perusahaan pelat merah harus lebih efisien hingga berdaya saing tinggi, sekaligus mampu mengembangkan kolaborasi dengan entitas lain dan menghadirkan layanan terbaik bagi publik.

Apalagi Kereta Commuter yang menggunakan skema Public Service Obligation (PSO) sehingga meningkatkan layanan kepada pelanggannya adalah nomor satu.

“Kami sebagai pelayan publik tidak boleh lelah melayani rakyat. Hal ini harus ada dari hati, karena kalau tidak dari hati maka menjadi susah,” kata Erick dalam sebuah seminar daring yang digelar Universitas Indonesia di Jakarta.

 (Tim Riset Katadata)