Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Umum Diundur Jadi 29 Juli

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Awak media duduk di dalam rangkaian gerbong kereta saat mengikuti uji coba Lintas Rel Terpadu (LRT), Jakarta, Kamis (6/7/2023). Moda transportasi tanpa masinis ini dijadwalkan beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatang, berbarengan dengan operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).
17/7/2023, 09.42 WIB

Uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat umum diundur dari menjadi 29 Juli 2023. Kondisi tersebut disebabkan karena LRT Jabodebek memerlukan sejumlah perbaikan, termasuk sistem software.

Sebelumnya, uji coba LRT Jabodebek dijadwalkan pada 12 juli hingga 25 Agustus 2023. Uji coba untuk undangan dan komunitas dijadwalkan berlangsung 12 Juli hingga 24 Juli 2023. Sementara uji coba untuk masyarakat umum yang terdaftar dijadwalkan berlangsung mulai 25 Juli hingga 15 Agustus 2023.

Namun demikian, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menghentikan uji coba terbatas LRT Jabodebek mulai hari ini, Senin (17/7). Hal itu disebabkan karena LRT Jabodebek memerlukan beberapa perbaikan.

"Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, melalui keterangan tertulis yang diterima Minggu malam (16/7).

Dengan demikian, uji coba LRT Jabodebek baru akan dibuka lagi untuk komunitas pada 25 Juli 2023. Sementara uji coba untuk masyarakat umum baru dimulai 29 Juli 2023.

Alasan Uji Coba Dihentikan

Risal mengatakan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub memberhentikan sementara uji coba tersebut setelah  melalui Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada hari ke-4 uji coba, Sabtu (15/07). Kemenhub telah meminta LRT Jabodebek untuk menyempurnakan sistem software.

Guna memaksimalkan proses penyempurnaan sistem tersebut, Risal mengatakan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek untuk komunitas maupun masyarakat umum akan dihentikan sementara pada tanggal 17-20 Juli 2023.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini, semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," tutur Risal.

Risal menyampaikan, LRT Jabodebek ditargetkan untuk melakukan pembaharuan software selesai hingga 20 Juli 2023. Namun demikian, LRT Jabodebek akan dilakukan Trial Run terlebih dahulu sebelum dibuka kembali untuk umum.

"Kami akan lakukan Trial Run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan uji coba operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," kata Risal. 

LRT Jabodebek dijadwalkan beroperasi secara penuh pada 18 Agustus 2023 mendatang. Operasional tersebut dilakukan bersamaan dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Kemenhub pun telah menetapkan besaran tarif LRT Jabodebek, meski belum diresmikan melalui keputusan menteri perhubungan. Berikut besarannya seperti tertera dalam grafik.