3 Rahasia Cara Membuat Kentang Goreng Renyah dan Nikmat

unspalsh.com
cara membuat kentang goreng
Penulis: Fathnur Rohman
Editor: Intan
29/11/2021, 22.31 WIB

Kentang goreng menjadi salah satu jenis makanan cepat saji yang populer di Indonesia. Tidak hanya di restoran atau tempat makan ternama, cemilan ini bisa dimasak di rumah.

Meski demikian, tahukah Anda kalau cara membuat kentang goreng dengan cita rasa gurih, serta tekstur renyah ini tergolong sulit. Sebab, bila dilihat dari penilaian subjektif, kentang goreng buatan rumah umumnya punya tekstur yang kurang crispy alias garing, bahkan cenderung berminyak.

Dilansir dari Serious Eats, seorang kolumnis makanan New York Times J. Kenji López-Alt menyatakan, ada beberapa kriteria yang membuat satu porsi kentang goreng bisa dikatakan renyah sempurna. Dia merumuskan hal tersebut setelah melakukan berbagai cara membuat kentang goreng. Adapun faktor-faktor tersebut, terbagi sebagai berikut:

Luar Renyah, Tekstur di Dalam Lembut

Ilustrasi Cara Membuat Kentang Goreng (unspalsh.com)

 

Penulis buku The Food Lab: Better Home Cooking Through Science ini menyebutkan, kriteria pertama yang harus dipenuhi oleh “satu porsi kentang goreng” agar bisa dikatakan renyah sempurna adalah tingkat cripsy bagian luarnya merata. Artinya, saat digoreng tidak ada bagian luar yang teksturnya begitu keras.

Selain itu, ketika disantap bagian dalamnya terasa lembut. Kombinasi bagian luar yang kering dan bagian dalam yang lembut, akan menciptakan suasana nyaman di mulut ketika mengunyah cemilan ini.

Kenji menjelaskan, cara membuat kentang goreng untuk mencapai tingkat kerenyahan ini diperlukan struktur luar kentang goreng yang dipenuhi dengan gelembung mikro. Gelembung kecil inilah yang meningkatkan luas permukaan gorengan dan membuatnya lebih renyah saat dimakan.

Bagian Dalam Utuh, Mengembang, dengan Rasa Kentang Kuat

kentang goreng (unspalsh.com)

 

Faktor kedua menurut Kenji, yakni kentang goreng harus memiliki susunan bagian dalam yang utuh dan mengembang, sekaligus punya cita rasa kentang yang khas. Kalau kentang goreng yang disajikan bagian dalamnya cenderung masih putih, bertepung dan buruk, maka cemilan itu bisa dikatakan gagal saat proses penggorengan.

Namun demikian, ada hal yang paling buruk dan bisa menurunkan selera makan orang-orang, yakni ketika kentang goreng memiliki tampilan kurang menarik karena gosong. Bahkan, jika itu terjadi pada masakannya, Kenji secara tegas menilai bahwa dirinya sudah gagal membuat kentang goreng yang renyah.

Tingkat Kematangan Merata dan Warna Keemasan

kentang goreng (unspalsh.com)

 

Bagi Kenji, tampilan menarik pada satu porsi makanan yang disajikan di atas meja seperti halnya kentang goreng, pasti akan menambah selera makan. Khusus untuk cemilan ini, Kenji menilai kentang goreng harus memiliki tingkat kematangan merata, serta berwarna pirang keemasan.

Corak warna pirang keemasan ini bisa menandakan, kalau kentang goreng tersebut memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih.

Kerenyahan Kentang Goreng Bertahan Lama

Anda mungkin akan merasa senang saat pertama kali mengangkat beberapa irisan kentang goreng yang terlihat matang sempurna dari minyak panas dan itu wajar. Namun bagi Kenji, keberhasilan dalam membuat satu porsi kentang goreng crispy adalah ketika kentang goreng tersebut tetap memiliki tekstur renyah, walaupun sudah diletakkan beberapa menit di atas piring.

Halaman: