Survei KIC: 300-an Judul Drama Korea Sudah Ditonton Warga Indonesia

Katadata
Penulis: Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
24/7/2022, 21.02 WIB

Zigi.id menggelar Korean Day pada Minggu, 24 Juli 2022 secara virtual. Mengusung tagline Research & Entertainment, pada kesempatan ini juga dirilis hasil survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC).

Survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id mengungkapkan, lebih dari 300 judul drama Korea sudah ditonton oleh warga Indonesia. Descendants of The Sun menjadi K-Drama yang paling banyak disukai responden yaitu 8,8%.

Analis riset dan survei Katadata Insight Center Rizky Aggia mengatakan, survei dilakukan secara daring dengan jumlah 1.609 responden pada 20-29 Juni 2022.

“Banyaknya pilihan K-Drama yang ada membuat sangat beragamnya jawaban responden. Dari survei ini setidaknya terlihat lebih dari 300 judul drama sudah ditonton orang Indonesia,” kata Rizky saat menjadi pembicara dalam webinar Korean Day di sesi Launching Korean Survei KIC X ZIGI: Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia, Minggu (25/7/2022).

Berdasarkan survei tersebut, lima drama Korea yang paling disukai setelah Descendants of the Sun adalah Goblin (6,5 persen), Vincenzo (5,9 persen) dan True Beauty serta Squid Game (5,5 persen).

“Drama Korea mencuri perhatian publik Indonesia sejak tayangnya Winter Sonata pada 2002 dan Endless Love pada 2000 di layar TV Indonesia. Tayangan inilah yang diyakini menjadi gerbang masuknya Korean Wave ke Indonesia,” jelas Rizky.

Kata Rizky, K-Drama adalah hiburan asal Korea Selatan yang paling banyak disukai di Indonesia dengan jumlah 74,6% responden, diikuti K-Pop (Boyband) sebanyak 68,1% responden dan K-Pop (Girlband) 62,5% responden.

Platform yang paling banyak digunakan oleh responden dalam menyaksikan K-Drama adalah Netflix (40,5%), Viu (38.8%), Disney+ Hotstar (19,6%), serta Iflix (11,6 persen).

Tingginya animo warga Indonesia terhadap film dan juga musik Korea berpengaruh terhadapa pola konsumsi. Produk-produk yang terkait dengan idola mereka pun mulai diburu.

“Lebih dari 70 persen responden masih mempertimbangkan harga sewaktu membeli produk Korea disusul promo atau diskon serta rating dari review produk tersebut. Ternyata tokoh idola yang menjadi ambassador dari produk tertentu belum menjadi jaminan karena hanya 20 persen responden yang mengaku membeli produk Korea atas pertimbangan tersebut,” ungkap Rizky.

Namun, setidaknya 48% responden mengakui membeli produk yang direkomendasikan oleh K-Pop/Aktor/Aktris Korea. Informasi lengkap tentang hasil survei Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia bisa diakses di databoks.id/tags/zigi-korean-day-2022