Survei KIC: Descendants of The Sun Drakor Paling Disukai di Indonesia

Youtube Netflix
Drama Korea Squid Game
24/7/2022, 14.13 WIB

Serial 'Descendants of The Sun' menjadi drama korea yang paling disukai orang Indonesia, menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id.

Analis riset dan survei Katadata Insight Center Rizky Aggia mengatakan rating 'Descendants of The Sun' paling tinggi di antara 300 judul drama korea yang sudah ditonton oleh warga Indonesia.

"Banyaknya pilihan K-Drama yang ada membuat sangat beragamnya jawaban responden," kat Rizky, dalam webinar 'Korean Survei KIC X ZIGI: Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia', Minggu (24/7).

Selain 'Descendants of The Sun' yang disukai oleh 8,8% responden, ada beberapa serial drakor lain yang juga menjadi favorit. Ini misalnya 'Goblin' (6,5%), 'Vincenzo (5,9%) dan 'True Beauty' serta 'Squid Game' (5,5%).

Rizky menuturkan drama korea sebetulnya sudah masuk ke Indonesia sejak lama. Serial 'Endless Love' yang ditayangkan di TV swasta pada tahun 2000 dan 'Winter Sonata' di 2022 membuka gerbang masuknya Korean Wave ke Tanah Air.

Survei menunjukkan K-Drama menjadi produk hiburan asal Korea Selatan yang paling banyak disukai di Indonesia dengan jumlah 74,6% responden. Kemudian diikuti oleh K-Pop (Boyband) sebanyak 68,1% responden dan K-Pop (Girlband) 62,5% responden.

Rizky melanjutkan, Netflix masih jadi platform yang paling banyak dipakai untuk menonton K-Drama dengan 40% responden. Kemudian ada Viu (38.8%), Disney+ Hotstar (19,6%), serta Iflix (11,6%).
Tingginya animo warga Indonesia terhadap film dan juga musik Korea berpengaruh terhadapa pola konsumsi. Produk-produk yang terkait dengan idola mereka pun mulai diburu.

“Lebih dari 70 persen responden masih mempertimbangkan harga sewaktu membeli produk Korea disusul promo atau diskon serta rating dari review produk tersebut," kata Rizky.

Menariknya, tokoh idola yang menjadi ambassador produk tertentu belum menjadi jaminan. Pasalnya, hanya 20% responden yang mengaku membeli produk Korea atas pertimbangan tersebut. Kendati demikian, sebanyak 48% responden mengakui membeli produk yang direkomendasikan oleh K-Pop/Aktor/Aktris Korea.

Survei KIC dan Zigi.co.id ini dilakukan secara online pada periode 20-29 Juni 2022. Survei melibatkan 1.608 responden. Sebanyak 69,9% responden berjenis kelamin perempuan, sedangkan 30,1% sisanya adalah laki-laki. 

Reporter: Rezza Aji Pratama