Cara Bikin Spotify Wrapped 2022 dan Membagikannya ke Media Sosial

freepik.com
Ilustrasi mendengarkan musik di Spotify
Penulis: Tifani
Editor: Intan
1/12/2022, 12.03 WIB

Sejumlah platform menyediakan fitur untuk pengguna bisa melihat apa saja yang mereka lakukan selama setahun terakhir. Termasuk di antaranya melihat lagu apa saja yang sering didengar dalam satu tahun.

Fitur tahunan Spotify itu kembali hadir untuk para pengguna. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Wrapped berisi rangkuman kebiasaan mendengar pengguna sepanjang 2022.

Cara Bikin Spotify Wrapped

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara bikin Spotify Wrapped 2022, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped
  2. Selanjutnya, pilih spanduk “Your 2022 Wrapped” pada beranda aplikasi
  3. Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas
  4. Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story "Wrapped" mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan mereka yang unik, mulai dari artis teratas, lagu teratas,
  5. podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022
  6. Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial yang ada

Cara membagikan Spotify Wrapped 2022 ke Media Sosial

  1. Buka aplikasi Spotify
  2. Klik ikon 2022 atau Flamingo
  3. Spotify Wrapped Anda akan muncul
  4. Pilih Listen to 2022 Highlights
  5. Anda bisa memilih versi List Spotify Wrapped 2022
  6. Klik ikon bagikan ke media sosial dan pilih media sosial yang anda inginkan

Fitur Baru Spotify Wrapped 2022

Spotify Wrapped untuk tahun ini sudah bisa diakses sejak 1 Desember 2022 di aplikasi iOS (iOS (versi 8.7.87) dan Android (versi 8.7.86). Sementara untuk deretan fitur baru yang hadir dalam Wrapped, berikut ini beberapa di antaranya :

Berikut Wrapped 2022 dari Spotify:

1. Your Listening Personality

Akan ada 16 kepribadian musik, dari Deep Diver, Replayer, Adventurer, Fanclubber. Spotify akan mendeskripsikan penggunanya dengan gambaran pendekatan saat mendengarkan konten.

2. Audio Day

Pandangan soal kebiasaan pengguna sepanjang hari. Ini ditentukan dari pagi, siang hingga malam.

3. Your Artist Messages

Terdapat video dari sejumlah artis di dalam rekap. Tahun lalu Spotify menghadirkan lebih dari 100 artis di dalam video terima kasih untuk fans. Tahun ini lebih dari 40 ribu yang terlibat.

4. Dekatkan Hubungan Artis dan Kreator

Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi tim editorial Spotify, Wrapped Hub dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan, termasuk event berikutnya dari artis favorit

5. Bagikan di Luar Instagram

Hasil Spotify Wrapped 2022 kini juga bisa dibagikan di WhatsApp dan Line. Jadi, pengguna bisa bertukar hasil Wrapped melalui obrolan di chat dengan teman maupun orang tersayang. Pengguna Snapchat juga bisa menggunakan lensa yang dipersonalisasi berdasarkan Listening Personality-nya.

6. Wrapped ke Metaverse

Selain itu, Spotify juga akan mengambil alih Spotify Island dengan misi permainan, virtual merchandise, dan photo booth bersama 12 musisi, seperti Bizarrap, Black Sherif, CRO, Doechii, Eslabon Armado, Miranda Lambert, Niki, Stray Kids, Sunmi, dan Tove Lo.

7. Kolaborasi dengan Barcelona

Sebagai bagian dari kolaborasi pertama antara Spotify dan FC Barcelona, penggemar dapat menemukan video Spotify Wrapped dari beberapa pemain favorit, seperti Robert Lewandowski, Alexia Putellas, Pedri, dan Ansu Fati.

Musisi Indonesia Jadi Urutan Teratas Tahun Ini

Dikutip dari laman Spotify.com, secara global, Bad Bunny, Taylor Swift, dan Drake menduduki puncak daftar Wrapped yang memuat seluruh album, lagu, dan artis yang paling banyak didengarkan. Rapper asal Puerto Rico, Bad Bunny, menempati posisi nomor satu untuk artis yang paling banyak didengarkan secara global selama tiga tahun berturut-turut, dengan lebih dari 18,5 miliar streaming tahun ini.

Sedangkan hasil temuan Wrapped dari para pendengar di Indonesia tahun ini. Artis yang paling banyak didengarkan di Indonesia adalah Tulus, BTS, Justin Bieber, Taylor Swift, Mahalini, Rizky Febian, NIKI, Tiara Andini, Pamungkas, Olivia Rodrigo.

Tulus kembali menorehkan prestasi dengan menyabet posisi teratas di daftar artis, album, dan lagu yang paling banyak diputar di Indonesia sekaligus. Bertengger di posisi puncak sebagai artis yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia, penyanyi dan penulis lagu lokal ini bahkan mengungguli artis-artis global seperti BTS (#2), Justin Bieber (#3), dan Taylor Swift (#4).

Ini merupakan pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir, seorang penyanyi Indonesia berhasil mengungguli artis-artis internasional sebagai Artis yang paling banyak di dengarkan di Indonesia di Spotify. Di urutan berikutnya (#2 pada Artis Teratas di Indonesia) adalah grup superstar K-Pop, BTS, yang membuat penggemar mereka, ARMY, bangga karena bertahan menjadi grup yang paling banyak didengarkan secara global selama tiga tahun berturut-turut.

Daftar ini diikuti oleh Taylor Swift dan Justin Bieber di posisi ketiga dan keempat. Urutan kelima ditempati oleh sensasi lokal lainnya, penyanyi perempuan berusia 22 tahun, Mahalini.

  • Lagu yang Paling Banyak Didengarkan di Indonesia
  • Tulus - “Hati-Hati di Jalan”
  • Feby Putri - “Runtuh”
  • KeisyaLevronka - “Tak Ingin Usai”
  • Mahalini - “Sisa Rasa”
  • TroyeSivan - “Angel Baby”
  • JustinBieber - “Ghost”
  • Tiara Andini - “Merasa Indah”
  • StephenSanchez - “Until I FoundYou”
  • Joji - “Glimpse of Us”
  • Fabio Asher - “Bertahan Terluka”

Lagu Tulus “Hati-Hati di Jalan” menduduki posisi teratas. Lagu ini juga memecahkan rekor di Spotify di awal tahun ini sebagai lagu lokal yang terlama menempati urutan #1 di tangga lagu mingguan Top 50 Indonesia.

Album comeback Tulus, Manusia, juga menempati posisi teratas sebagai album yang paling banyak didengarkan di Indonesia. Turut serta dalam gelombang representasi lokal yang masif dalam daftar lagu-lagu teratas Spotify di Indonesia adalah "Runtuh" dari Feby Putri di posisi kedua, yang sebelumnya juga berhasil berada di tangga 10 lagu teratas Spotify Indonesia selama 43 minggu sepanjang tahun ini.

Diikuti oleh "Tak Ingin Usai" dari Keisya Levronka (#3) dan "Sisa Rasa" dari Mahalini (#4) yang mengungguli lagu-lagu hits internasional seperti "Angel Baby" dari Troye Sivan, di posisi kelima. Tahun ini juga sangat menggembirakan bagi para artis perempuan.

Jumlah lagu dari penyanyi perempuan yang masuk dalam daftar 10 lagu teratas Indonesia tahun ini meningkat empat kali lipat dari tahun sebelumnya, dan semuanya dibawakan oleh artis lokal. Bersama Feby Putri, Keisya Levronka, Mahalini, Tiara Andini dengan lagunya "Merasa Indah" turut masuk ke dalam daftar 10 lagu yang paling banyak di-streaming di Indonesia tahun ini, menempati posisi ketujuh.