Manajemen adalah sebuah cara mengelola sesuatu yang dikerjakan oleh orang lain. Kata manajemen berasal dari bahasa Perancis yaitu menage-ment, bermakna seni melaksanakan dan mengatur.
Manajemen merupakan ilmu pengetahuan sistematis yang dibutuhkan manusia. Proses manajemen ini dilakukan dengan perencanaan, pengelolaan, kondisi, dan kontrol sumber daya. Tujuan dari manajemen yang telah ditetapkan adalah untuk membuat gerak suatu organisasi lebih efektif dan efisien.
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
1. Mary Parker Follet
Mengutip dari buku Inovasi Manajemen Pendidikan Di Sekolah Kiat Jitu Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar, Mary Parker menjelaskan tentang manajemen.
Pengertian manajemen menurut Mary Parker adalah seni menyelesaikan pekerjaan, melalui orang lain.
2. Ricky W. Griffin
Manajemen merupakan proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya. Tujuan manajemen untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
3. Oey Liang Lee
Manajemen adalah seni dari ilmu perencanaan, penyusunan, pengorganisasian, dan pengawasan dari sumber daya manusia untuk mencapai tujuan.
Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol
Henry Fayol adalah tokoh industrialis dari Perancis yang menjelaskan fungsi manajemen. Teori dan teknik administrasi menurut Fayol dipakai sebagai dasar pengelolaan suatu organisasi.
Menurut Henry Fayol, manajemen adalah sebuah proses berbagai kegiatan yang terdiri merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia (SDM) & menggandakan pengendalian.
Henry Fayol juga menjelaskan 5 fungsi manajemen, berikut penjelasannya:
1. Perencanaan
Fungsi manajemen yaitu pengarahan, organisasi, koordinasi, dan pengendalian yang dilakukan terencana. Proses perencanaan ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai situasi dan kondisi yang terjadi.
Tujuan proses perencanaan dilakukan untuk ketidakpastian di masa mendatang. Henry Fayol menjelaskan proses perencanaan menjadi langkah penting untuk organisasi.
Perencanaan berupa penentuan strategi dan taktik untuk mengantisipasi tujuan organisasi ke depan.
2. Pengorganisasian
Fungsi manajemen menurut Henry Fayol berikutnya adalah melakukan pengorganisasian. Ini mencakup proses pengalokasian sumber daya, dan pengaturan kegiatan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan. Henry Fayol menegaskan fungsi pengorganisasian dalam empat tingkatan, yaitu pembagian tugas, kesatuan pengarahan, tingkat jenjang organisasi, dan sentralisasi.
Organisasi juga digunakan untuk perencanaan yang kondusif, tepat, tangguh, efisien, dan efektif.
3. Pengarahan
Proses pengarahan ini digunakan sebagai arahan Sumber Daya Manusia (SDM), pegawai suatu organisasi atau perusahaan untuk menyelesaikan tugas dengan baik.
4. Koordinasi
Koordinasi menjelaskan tentang menyatukan dan menyelaraskan seluruh kegiatan, untuk mencapai tujuan suatu organisasi.
5. Pengendalian
Pengendalian digunakan sebagai aktivitas memantau, membuktikan, dan memastikan semua kegiatan yang sudah melewati fungsi manajemen lain.
Bagian pengendalian bisa berjalan sesuai target dan standar tujuan organisasi. Fungsi lain pengendalian yaitu memastikan rencana awal dan evaluasi untuk pemecahan masalah.
Unsur Manajemen
1. Manusia
Unsur manusia termasuk unsur penting dalam manajemen. Tanpa unsur manusia, maka proses kerja tidak akan berjalan. Hal ini karena prinsipnya manusia adalah makhluk pekerja.
Unsur manusia perlu dikelola dalam manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan.
Dalam sebuah organisasi, penempatan orang yang tepat dapat menentukan proses mencapai tujuan. Contohnya pembagian kerja dan pengaturan jam kerja.
2. Uang
Uang (money) digunakan untuk mencapai tujuan dalam organisasi. Salah satu proses manajemen akan dipengaruhi oleh keuangan. Jadi, pengelolaan keuangan perlu diperhitungkan supaya efektif dan efisien.
Selain uang material berupa bahan untuk menghasilkan barang dan jasa dibutuhkan. Bahan ini berupa bahan mentah atau setengah jadi yang digunakan untuk produksi.
Bahan baku dan perpaduan manusia menghasilkan produksi yang sesuai untuk organisasi.
3. Metode
Metode digunakan untuk memberikan berbagai pertimbangan mulai dari fasilitas, waktu, uang, dan sasaran. Metode juga melancarkan pekerjaan.
4. Mesin
Mesin menjadi alat bantu manusia untuk mempercepat pelaksanaan manajemen. Mesin perlu dikelola oleh sumber daya manusia yang handal. Sehingga manusia perlu mengetahui dan merawat mesin yang baik.
5. Waktu
Pengelolaan waktu bertujuan untuk tercapainya manajemen yang efektif dan efisien.
6. Pasar
Hasil produk manajemen perlu menyasar pasar tertentu atau masyarakat secara luas. Namun, produk manajemen bisa gagal dan berhenti diproduksi.
Supaya masyarakat mau menerima dan mengakui produk, maka manajemen perlu kemampuan marketing.