Poster termasuk salah satu media yang populer digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Tampilan poster yang menarik dan mencolok berguna untuk menarik perhatian masyarakat.
Poster adalah media publikasi berupa tulisan, gambar maupun kombinasi antara keduanya. Poster berisi pemberitahuan, pengumuman, atau iklan. Tujuan poster adalah memberikan informasi kepada publik.
Kustandi dan Sutjipto dalam buku Menulis Deskripsi dan Narasi (2011) menjelaskan, poster merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan singkat, padat, dan impresif karena ukurannya yang relatif besar
Poster biasanya dipasang di tempat-tempat umum yang mudah diakses, seperti di pinggir jalan, di bagian depan bangunan, atau di area-area yang mudah terlihat agar dapat menarik perhatian orang banyak.
Pengertian Poster Menurut Para Ahli
Adapun pengertian poster menurut para ahli dijelaskan sebagai berikut.
- Sudjana dan Rivai (2002) menjelaskan bahwa poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya.
- Menurut Ekokasih (2017), poster adalah tulisan atau plakat yang dipasang di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang berisi pesan atau imbauan untuk masyarakat.
- Diungkapkan oleh Hasnun (2005) bahwa poster merupakan gambar atau tulisan di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum berisi pemberitahuan. Isi dan tujuan poster beragam. Ada poster yang berisi imbauan kepada masyarakat tentang suatu kegiatan. Ada juga poster yang berisi larangan untuk menghindari perbuatan tertentu.
- Rohani (1997) menjelaskan, poster merupakan gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi atau memperingatkan pada gagasan pokok, fakta, atau peristiwa tertentu.
Ciri-Ciri Poster
Berikut ini adalah ciri-ciri poster.
- Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
- Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
- Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
- Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
- Poster dapat dibaca secara sambil lalu.
Kaidah Kebahasaan Poster
Mengutip buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster (2020), terdapat sejumlah kaidah kebahasaan poster, yaitu:
- Bahasa yang digunakan bersifat persuasif.
- Bahasa tidak boleh mengandung SARA.
- Bahasa menyatu dengan tema.
- Berisi pemberitahuan, berukuran besar, dan dipajang di tempat umum.
- Gambar lebih mendominasi daripada tulisan.
Prinsip Poster
Yuliandi dalam Trik Paten Poster Keren (2009) menjelaskan prinsip poster mencakup:
- Keseimbangan, yaitu prinsip dalam komposisi yang menghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang atau ruang yang diisi dengan unsur-unsur rupa (keseimbangan tata letak). Ada dua jenis keseimbangan, yaitu simetris dan asimetris.
- Alur baca diatur secara sistematis. Alur baca yang diatur secara sistematis bertujuan untuk mengarahkan mata membaca dalam menelusuri informasi dari satu bagian ke bagian lain pada poster.
- Penekanan bisa dicapai dengan membuat judul atau ilustrasi yang lebih menonjol dari elemen desain lain berdasarkan urutan prioritas. Penekanan bisa dicapai dengan perbandingan ukuran, latar belakang yang kontras dengan tulisan atau gambar, perbedaan warna yang mencolok, memanfaatkan garis untuk pemisahan informasi.
- Memiliki unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar supaya lebih mudah dibaca banyak orang sehingga memberikan sentuhan akhir atau kesan.
- Mengandung unsur warna yang mencolok dan menarik.
- Dipasang di tempat-tempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang.
Jenis-jenis Poster
Jenis poster berdasarkan isinya dibedakan menjadi:
- Poster niaga, yaitu poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.
- Poster kegiatan, yaitu poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan sehat, senam, dan lain-lain.
- Poster pendidikan, yaitu poster yang bertujuan untuk mendidik.
- Poster layanan masyarakat, yaitu poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.
Jenis poster berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi:
- Poster Propaganda adalah poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
- Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.
- Poster “Dicari” atau “Wanted” adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.
- Poster “Cheesecake” adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.
- Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.
- Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.
- Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.
- Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.
- Poster Kelas adalah poster yang berada di dalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.
- Poster Komersial adalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.