Sebagai software populer, Microsoft Word sering digunakan untuk membuat berbagai dokumen. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur di dalamnya untuk membuat sertifikat.
Sertifikat sendiri sering digunakan sebagai bentuk penghargaan kepada peserta setelah sebuah event berlangsung. Untuk membuatnya sendiri, banyak orang masih merasa kesulitan karena hal ini memerlukan kemampuan editing.
Namun dengan MS Word, Anda tidak memerlukan kemampuan tersebut karena software ini telah menyediakan banyak template untuk dipilih. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini.
Cara Membuat Sertifikat di Word
Bila Anda ingin membuat sertifikat di Word, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan. Simak pembahasan masing-masing metode berikut ini.
1. Menggunakan Template
Cara pertama adalah menggunakan template yang telah tersedia di MS Word. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorialnya di bawah ini.
- Buka aplikasi Microsoft Word di laptop dan klik New.
- Setelah itu, di kolom pencarian, ketik Certificate, dan kemudian akan muncul banyak pilihan model sertifikat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan..
- Klik salah satu yang paling sesuai.
- Kemudian, klik tombol Create
- Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman utama Microsoft Word dan mulai ganti sesuai dengan konten sertifikat yang diinginkan.
- Cukup klik bagian yang ingin diganti dan ketik kata yang sesuai. Anda juga bisa mengganti warna atau menambahkan gambar di sertifikat.
- Jika sudah selesai, Anda bisa menyimpan dengan cara seperti membuat dokumen Microsoft Word pada umumnya. Namun, lebih baik untuk menyimpannya dalam bentuk PDF agar lebih muda dicetak..
2. Secara Manual
Cara ini bisa Anda lakukan jika tidak menemukan template yang sesuai pada cara sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.
- Buka aplikasi Microsoft Word di laptop Anda dan buat dokumen baru.
- Setelah masuk ke dalam halaman utama Microsoft Word, klik bagian Layout dan klik Orientation kemudian pilih Landscape.
- Kemudian, klik Design dan tekan Borders untuk membuat pigura pada sertifikat sesuai dengan keinginan
- Setelah itu, klik Insert untuk menyematkan logo acara atau instansi dan pilih Image. Jangan lupa atur ukuran logo dan tempatkan di lokasi yang sesuai.
- Setelah itu, sematkan teks yang dibutuhkan, mulai dari kop sertifikat, nama acara, nama peserta, tanggal acara, dan lainnya.
- Terakhir, Anda bisa menyimpan sertifikat tersebut dalam bentuk PDF untuk kemudahan mencetak. Anda juga bisa mengirimnya langsung sebagai e-certificate.
3. Dengan Banyak Nama
Cara terakhir ini bisa Anda lakukan jika ingin membuat sertifikat atau piagam dengan banyak nama. Caranya adalah dengan menggunakan fitur mail merge milik Microsoft Word. Berikut cara membuat sertifikatnya :
- Buka sertifikat yang sudah Anda edit sebelumnya.
- Buka menu Mailings dan pilih Start Mail Merge-> Letters.
- Setelah itu tekan Select Recipient untuk memasukan data.
- Ada dua pilihan, Anda bisa pilih Type a New List untuk memasukan data atau Use an Existing List untuk memasukan data yang sudah terdaftar seperti biasa dari Excel.
- Di sini Anda akan menggunakan Type a New List dan setelah Anda klik akan muncul dialog.
- Tambahkan data yang ingin Anda masukan, jika ingin menambah kolom tinggal masuk ke Customize Columns.
- Jika sudah tekan OK dan simpan list tersebut dalam folder.
- Pilih tool Insert Merge Field dan sesuaikan letak serta nama pada template.
- Kemudian masukkan kolom field pada bagian sertifikat. Di sini Anda harus memasukkan data untuk kolom field name dan last name.
- Tekan Preview Result untuk melihat hasil dan geser panah untuk melihat data berikutnya.
- Anda juga dapat mengetik satu per satu sertifikat dengan menekan Finish & Merge–> Edit Individual Documents
- Terakhir tinggal print.
- Selesai.
Cara Membuat Data di Excel
Ketika Anda ingin ingin membuat sertifikat dengan banyak nama yang berbeda, Anda harus menyiapkan data diri peserta yang akan mendapatkan sertifikat atau piagam tersebut terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan software Microsoft Excel.
Ada beberapa cara mudah untuk membuat data di Excel, berikut caranya yang dapat Anda praktekkan diantaranya :
- Buka excel dan pilih menu Insert.
- Jika muncul jendela baru, silahkan klik tombol Ok yang ada di bawahnya.
- Centang My table has headers pada jendela baru tersebut jika Anda memiliki sel pada bagian atas, kemudian klik Ok.
- Untuk mengubah desain tabel, masuk ke tab Desain di bagian atas jendela Excel. Kemudian pilih salah satu desain yang berbentuk kotak berwarna yang terletak pada bagian Table Styles di toolbar.
- Masukkan data diri yang ingin Anda masukkan ke dalam sertifikat. Data diri tersebut mulai dari nama, instansi, keperluan, dan tanda tangan.
- Lalu simpan semua data tersebut di Drive c:/sertifikat. Hal ini untuk memudahkan dalam memindahkan data dari Excel ke Word.
Demikian informasi tiga cara membuat sertifiikat di Word yang bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan. Dengan melakukan ketiga cara ini, Anda bisa membuat sertifikat dengan mudah dan cepat tanpa perlu memiliki kemampuan editing.
Jika Anda ingin membuat sertifikat dengan nama berbeda, pastikan Anda telah membuat data penerima sertifikat tersebut di Excel dengan langkah-langkah diatas.