Muhaimin Jadi Cawapres, PKS Tetap Dukung Anies Baswedan di Pilpres

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) menyapa relawan saat kunjungan ke Rumah Temu Relawan Duren Tiga di Jakarta, Jumat (4/8/2023).
Penulis: Desy Setyowati
31/8/2023, 21.53 WIB

Muhaimin Iskandar diumumkan menjadi calon wakil presiden atau cawapres Anies Baswedan. PKS mengatakan akan tetap mendukung Anies sebagai calon presiden alias capres dalam Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024.

Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) DPP PKS Almuzammil Yusuf menyampaikan, partai tetap merujuk kepada keputusan Musyawarah Majelis Syuro atau MMS VIII, bahwa PKS secara resmi mendukung dan mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

“Oleh karena itu, PKS tetap pada keputusan MMS VIII tersebut. Kami akan berjuang sebaik-baiknya dalam menjalankan amanat itu,” kata Yusuf dalam keterangan pers, Kamis malam (31/8).

Anggota Tim-8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu menyampaikan, ada beberapa pandangan PKS terkait pengumuman Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies Baswedan dalam Pilpres 2024, yakni:

1. Menghormati bahwa setiap partai politik memiliki hak dan kedaulatan dalam menentukan sikap

“Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari titik temu dalam KPP. Namun belum memperoleh hasil yang diinginkan bersama,” kata dia.

2. PKS tetap merujuk kepada keputusan MMS VIII untuk mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024

3. Berpegang kepada kesepakatan sebelumnya dalam piagam KPP, bahwa cawapres ditentukan oleh Baswedan

4. Meminta dukungan masyarakat Indonesia agar Pilpres 2024 berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dengan tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa 

Reporter: Ade Rosman