Sandiaga Sebut Luhut Masih Dirawat di Rumah Sakit, Kondisinya Membaik

Katadata
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
9/10/2023, 16.09 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengabarkan kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kian membaik. Luhut sebelumnya dikabarkan mengalami sakit karena kelelahan sejak Jumat (6/10), malam.

Sandi mengatakan hingga kemarin Luhut masih berada di rumah sakit untuk istirahat total. "Kondisinya baik dan berangsur makin sehat, mohon didoakan agar bisa beraktivitas kembali," kata Sandi di Istana Merdeka pada Senin (9/10).

Menurut Sandi, Luhut mengalami kelelahan karena bekerja dengan jadwal cukup padat. Salah satu agenda yang disiapkan adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States Forum (AIS) atau Forum Negara Kepulauan dan Pulau Kecil di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

"Kemudian safari kunjungan ke Afrika, dan disambung lagi dengan kegiatan dan saat menghadiri ulang tahun ke-76 itu," ujar Sandi.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, mengonfirmasikan kebenaran kabar Luhut yang sakit.  Namun, dia membantah kabar yang menyatakan Luhut menjalani pengobatan di Singapura.

Jodi menyatakan, saat ini Luhut dalam keadaan baik, tapi dianjurkan oleh dokter untuk istirahat total. Jodi mengatakan posisi Luhut saat ini menjalani perawatan di Jakarta.

“Berdasarkan anjuran dokter, beliau diminta untuk melakukan bedrest guna mempercepat pemulihan kesehatannya,” kata Jodi, Jumat malam (6/10). 

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto juga mengatakan kondisi Luhut yang saat ini berada di Jakarta dan sedang beristirahat total karena kelelahan.

 “Enggak bener (dilarikan ke rumah sakit Singapura). Bapak di Jakarta, lagi bedrest saja kecapekan,” kata Seto.


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu