Debat Capres 2024: Anies Tampil Pertama, Diikuti Prabowo dan Ganjar

ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/YU
Pelukis menyelesaikan lukisannya yang bertema wajah Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024 di kawasan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta, Rabu (6/12/2023).
Penulis: Ade Rosman
12/12/2023, 18.13 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat calon presiden perdana pada Selasa (12/12) malam. Berdasarkan susunan acara yang beredar, tiap capres akan memaparkan visi misinya sesuai dengan nomor urutnya, Anies Baswedan pertama, diikuti Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menjelaskan debat calon presiden perdana dibagi menjadi 6 segmen. Adapun durasi total debat adalah 120 menit.

"Debat akan berlangsung selama durasi 150 menit, tapi khusus yang 120 menit debatnya, itu akan terbagi dalam 6 segmen," kata Mellaz dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Mellaz menjelaskan, segmen pertama merupakan pembukaan, pembacaan tata tertib, dan penyampaian visi misi serta program. Kemudian, pendalaman visi misi program kerja akan dilakukan dalam dua segmen, yakni kedua dan ketiga.

"Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi misi dan program kerja, misalnya akan ada pertanyaan dan interaksi di antara paslon dengan paslon lain," kata Mellaz.

Kemudian dua segmen selanjutnya akan diisi dengan tanya jawab dan tanggapan mengenai hal tersebut. Segmen terakhir, merupakan penutup dari debat untuk Pilpres 2024 itu. 

"Misalnya akan proses interaksi tanggapan lontaran pertanyaan dari paslon dan direspons paslon lain," kata Mellaz.

Selain itu, akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Pada masing-masing segmen, para penyelia berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres untuk masing-masing segmen. Pada kesempatan pertama panelis akan menyusun 18 pertanyaan. 

Sementara itu Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah capres A menjawab, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi.

"Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema," ucap Hasyim.

Reporter: Ade Rosman