Survei Terbaru CSIS: Prabowo-Gibran Unggul Jauh, Anies Kalahkan Ganjar

Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi pasangan capres cawapres di Pilpres 2024
Penulis: Ira Guslina Sufa
27/12/2023, 15.35 WIB

Survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic and International Studies atau CSIS menunjukkan adanya pergeseran elektabilitas para calon presiden dan wakil presiden. Berdasarkan survei terbaru yang dirilis Rabu (27/12) pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menempati posisi pertama dengan perolehan 43,7%. 

Raihan suara Prabowo - Gibran berada jauh di atas dua pasangan lainnya. Pada posisi kedua ada pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,1%. Di urutan ketiga ada pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan elektabilitas 19,4%. 

"Dalam survei masih terdapat 6,4% pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan. Sedang 4,5% mengaku tidak tahu," ujar Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam paparan survei.  

Menurut survei CSIS pasangan Prabowo - Gibran unggul di hampir semua wilayah. Persaingan ketat terjadi antara Prabowo - Gibran dan Anies - Muhaimin di wilayah Jakarta dan Banten dengan perolehan masing-masing 35,2%. Suara Prabowo dan Anies terpaut tipis di Sumatera dengan perolehan 34,4 % untuk pasangan nomor urut 1 dan 36,5% untuk pasangan nomor urut 2. 

Pasangan Ganjar - Mahfud hanya menang untuk satu wilayah yaitu Jawa Tengah dengan perolehan 43,5%. Di provinsi dengan jumlah pemilih 28,29 % itu Prabowo meraih 36.5% dan Anies 13%. 

Survei dilakukan CSIS dengan metode acak bertingkat atau multistage random sampling pada 13-18 Desember 2023. Survei melibatkan 1.300 responden di seluruh Indonesia dengan wawancara tatap muka. Adapun margin of error adalah 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%.  

Reporter: Amelia Yesidora