TPN Ungkap Riset Internal: Ganjar Bertemu Prabowo di Putaran 2 Pilpres

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP), Andi Widjajanto bersiap memberikan keterangan pers di Media Center TPN, di Jakarta, Jumat (20/10/2023).
Penulis: Ade Rosman
28/12/2023, 05.40 WIB

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Andi Widjajanto mengungkap temuan penelitian yang dilakukan usai pelaksanaan dua kali debat. Menurut Andi penelitian dilakukan dengan menggabungkan tiga metode yakni survei konvensional, focus group Discussion (FGD) di puluhan kota, dan analisis media.

"Dari gabungan metode itu terutama setelah debat kedua, kami melihat bahwa posisinya Mas Ganjar dengan Pak Mahfud itu secara signifikan membaik," kata Andi dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Andi mengungkapkan, dari temuan TPN dalam tujuh hari terdapat peningkatan elektabilitas Ganjar-Mahfud sekitar 2 persen. Menurut Andi dalam temuan terdahulu sentimen terhadap Ganjar berada di angka 35. Angka ini naik dalam 24 jam terakhir menjadi 37. 

“Prabowo di 7 hari yang lalu ada di 42,6, lalu hari ini ada di 41,1, Mas Anies 7 hari yang lalu ada di 22 lalu stabil di 21,7," kata Andi.

Andi mengklaim, metode itu telah dicobanya sejak 2018 lalu. Menurut Andi bila tak ada peristiwa tak terhingga, suara dari tiga paslon akan stabil hingga hari pencoblosan, 14 Februari 2024.

Sentimen Pasca Debat

Secara keseluruhan, Andi mengatakan TPN memiliki gambaran sentimen setelah 7 hari debat kedua digelar. "Mas Ganjar sentimen positifnya tembus 40 persen di angka 41,2%, lalu Pak Mahfud sentimen positifnya di 38,4. Negatifnya Mas Ganjar ada di angka 15%, negatifnya Pak Mahfud ada di 18,6%," kata Andi. 

Ia pun menyebut bahwa sentimen publik terhadap Ganjar-Mahfud pasca debat cenderung berada pada ranah positif. Ia menyebut tidak ada temuan sentimen negatif terhadap Ganjar - Mahfud setelah debat. 

“Ke pasangan lain itu cenderung berada di ranah sentimen negatif kecuali Anies," kata Andi.

Berdasarkan temuannya, Andi menyebut Anies  sejak 24 Desember hingga sampai 27 Desember sentimennya relatif positif berada di angka 23,6. Sedangkan pasangannya, yakni Muhaimin Iskandar sentimennya negatif di angka 30,6 sama persis dengan Prabowo. Kemudian Gibran sentimen negatifnya berada di 28,3, dan sentimen positifnya 17,9.

"Nah data-data ini yang kami amati terus-menerus hari per hari, akan ada update dari analytics kami, sehingga kami kemudian bisa mengarahkan Mas Ganjar dengan Prof Mahfud memainkan isu apa, narasinya seperti apa, teknik komunikasinya apa," kata Andi lagi. 

Sebelumnya merujuk sejumlah survei, elektabilitas Ganjar - Mahfud belum berada di posisi aman untuk lolos putaran kedua. Pada survei terbaru yang digelar Centre for Strategic and International Studies atau CSIS perolehan suara Ganjar - Mahfud justru berada di urutan ketiga. 

Dalam survei yang dirilis Rabu (27/12) pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menempati posisi pertama dengan perolehan 43,7%.  Pada posisi kedua ada pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,1%. Di urutan ketiga ada pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan elektabilitas 19,4%. 

Reporter: Ade Rosman