Survei: Prabowo Kuasai Jabar dan Jatim, Ganjar Masih Kuat di Jateng

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) berbincang dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) serta capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).
18/1/2024, 19.01 WIB

Temuan survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan simulasi kekuatan peta elektoral pasangan calon presiden dan wakil presiden di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 itu, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menguasai wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat. Sedangkan Ganjar Pranowo masih menguasai Jawa Tengah meski selisihnya menipis dengan Prabowo.

Elektabilitas Prabowo-Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai 48,2%. Angka tersebut berada di atas di atas Ganjar-Mahfud yang mendapat 24,5%, dan Anies-Imin dengan 21,7%.

Di Jawa Tengah, pasangan nomor urut 03 Ganjar-Mahfud mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 42,4%. Sedangkan Prabowo-Gibran mendapatkan 41,4% dan Anies-Muhaimin 10,1%.

“Jateng, kabar baik buat Pak Prabowo, kabar buruk buat Mas Ganjar karena selisihnya kecil sekali. Jadi kita tidak tahu siapa yang unggul di Jateng,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya, disiarkan di YouTube Indikator Politik Indonesia, Kamis (18/1).

Sementara di Jawa Barat, Prabowo-Gibran kembali memimpin dengan 55,9% suara responden, diikuti Anies-Muhaimin (25,7%), dan Ganjar-Mahfud (14,7%).

Paku Integritas pemberantasan korupsi capres-cawapres (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.)

Adapun, survei tersebut melibatkan sampel basis 1200 orang, dengan metode stratified random sampling. Survei ini memiliki toleransi kesalahan atau margin of error 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Secara umum, hasil survei Indikator menunjukkan Prabowo-Gibran menempati posisi teratas dengan mendapat  45,79 % suara responden. Sedangkan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan  25,47 % suara, Adapun pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 22,96% suara. 


Reporter: Ade Rosman