Gerindra Dekati NasDem Usung Budi Djiwandono di Pilkada Jakarta

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni (kanan) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (14/10/2023).
Penulis: Ade Rosman
30/5/2024, 13.42 WIB

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sugeng Suparwoto mengaku telah mengetahui wacana Partai Gerindra memajukan keponakan Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono di Pilkada DKI Jakarta 2024. Wacana itu menurut dia juga telah dikomunikasikan dengan pengurus DPP NasDem. 

"Sampai (komunikasi Gerindra soal Budi). Kami dengar juga demikian," kata Sugeng kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (30/5).

Menurut Sugeng, wacana majunya Budi di Pilkada DKI Jakarta mendatang merupakan hal baik. Hal itu lantaran keponakan Prabowo Subianto itu merupakan tokoh muda yang telah memiliki pengalaman politik menjadi legislator di Dewan Perwakilan Rakyat. 

Sugeng mengatakan kapasitas Budi cukup teruji lantaran kini kembali terpilih menjadi anggota DPR di Pemilu 2024. Kendati demikian, Sugeng belum dapat memberi tahu sejauh mana hubungan yang dibangun oleh Gerindra dengan NasDem lantaran Pilkada merupakan ranah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dalam hal ini DKI Jakarta.

"Tapi kalau di DPP sini memang bahwa kami dengar salah satunya pak Budi Djiwandono yang sekarang ada di Komisi IV DPR RI yang akan me-running Pilkada," kata Sugeng di NasDem Tower, Kamis (30/5). 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan  partainya tengah menggodok nama Budi untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Selain dengan pengurus internal Gerindra juga mengkaji penerimaan warga Jakarta. 

Muzani berpandangan Budi merupakan sosok mumuini untuk memimpin Jakarta kedepan. Menurut Muzani, selain muda Budi juga memiliki pergaulan luas dan dinilai telah matang. 

Budisatrio Djiwandodo - Raffi Ahmad (instagram @sufmi_dasco)

Dipasangkan dengan Raffi dan Kaesang

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto Budisatrio Djiwandono bersama Raffi Ahmad di akun Instagram pribadinya. Budi yang merupakan keponakan Prabowo Subianto itu saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Menurut Dasco unggahan foto Budi dan Raffi itu berkaitan dengan momen pemilihan kepala daerah Jakarta yang akan berlangsung 27 November mendatang. "Tes ombak," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5).

Ketua DPP Partai Amanat Nasional Saleh Daulay sebelumnya mengatakan Budi dan Raffi merupakan sosok yang bisa diusung. Nama Budi pun sebelumnya disebut-sebut masuk dalam salah satu nama yang diusulkan DPD Gerindra Jakarta ke DPP Gerindra untuk jadi calon kepala daerah.

Nama Raffi juga sempat mengemuka bakal diusung di Pilkada Jawa Tengah mendampingi Dico Ganinduto. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sempat menyinggung nama Raffi  sebagai calon kepala daerah baik untuk Jakarta maupun Jawa Tengah. 

Selain dengan Raffi, Budi juga dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep. Duet Budi dan Kaesang diunggah oleh istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina. Nagita juga menautkan unggahan itu ke akun Sufmi Dasco. 

Sementara itu Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan 4 nama yang diusulkan untuk menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada serentak 2024. Nama-nama itu diungkapkan Riza dalam acara halal bihalal DPD Gerindra DKI di Tavia Heritage Hotel, Jakarta, Kamis (9/5). Mereka adalah dua keponakan Prabowo Subianto,  Budisatrio Djiwandono dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani, dan mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Budisatrio saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua umum Gerindra. Sedangkan Rahayu pernah menjabat sebagai anggota DPR dari Partai Gerindra pada 2014-2019.



Reporter: Ade Rosman