PDIP Godok Nama Susi Pudjiastuti di Pilkada Jawa Barat

ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Pemilik Susi Air Susi Pudjiastuti menyampaikan keterangan terkait pembakaran pesawat dan penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens saat konferensi pers di Jakarta Timur, Rabu (1/3/2023).
19/6/2024, 15.42 WIB

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiapkan sejumlah nama di Pilkada Jawa Barat. Salah satunya adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono menyatakan partainya siap mendukung Susi Pudjiastuti maju dalam pemilihan gubernur Jawa Barat 2024.

"Ada statement Bu Susi, beliau akan siap apabila diminta masyaraka. PDIP akan dalami itu," kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6).

Ono menilai, Susi merupakan sosok yang menarik. Apabila Susi tertarik diusung, nantinya PDIP siap mengupayakan partai lain untuk turut mendukung pemilik Susi Air itu.

"Kami bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan Bu Susi. Menurut saya Bu Susi figurnya menarik," kata dia.

Kendati demikian, Ono menyebut belum membuka komunikasi dengan Susi, namun pertemuan akan dilakukan. "Insyaallah saya akan berkunjung langsung bertemu Bu Susi sekalian liburan ke Pangandaran," katanya.

Lebih jauh, Ono mengatakan PDIP Jawa Barat bersikap realistis menghadapi Pilkada serentak 2024. Ia menyebut, komunikasi terus dijalin dengan partai lainnya, terutama dengan PPP dan PKS.

"Mau tidak mau hanya menyisakan PDIP, PKS, PPP. NasDem tak tahu apakah masuk pemerintahan, PKB juga sudah. Yang kami komunikasi terus ya PPP dan PKS," kata dia. 

Susi menjabat sebagai Menteri KKP pada periode 2014 hingga 2019. Usai menjabat, ia kembali ke kampung halamannya, Pangandaran dan beberapa kali muncul di layar televisi.

Reporter: Ade Rosman