Elektabilitas Anies Lawan Ridwan Kamil di Jakarta, Siapa Unggul?

Instagram Ridwan Kamil
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.
20/6/2024, 15.55 WIB

Anies Baswedan kembali berancang-ancang untuk maju ke Pemilihan Gubernur Jakarta. Sejumlah partai seperti Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, hingga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mulai membidik nama mantan calon presiden ini.

Sementara, kubu Gerindra menyiapkan nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melawan Anies. Meski demikian, belum ada kepastian nama Kang Emil untuk maju di Jakarta.

"Masih dalam pembahasan,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan, Kamis (20/6).

Lembaga Survei Jakarta

Lembaga survei ini telah menjaring opini pada Januari 2024. Hasilnya, nama Ridwan Kamil berada di posisi pertama. Sedangkan Anies, yang saat itu berstatus capres, ada di urutan ketiga. Berikut hasilnya:

1. Ridwan Kamil: 23%
2. Tri Rismaharini: 19,2%
3. Anies Baswedan: 18,4%
4. Basuki Tjahaja Purnama: 8,7%

Proximity Indonesia

Lembaga survei ini juga telah merilis hasil sigi mereka atas nama-nama calon calon gubernur Jakarta. Hasilnya, tingkat keterpilihan Anies berada paling atas. Berikut hasilnya:

1. Anies Baswedan: 35,5%
2. Basuki Tjahaja Purnama: 26,4%
3. Ridwan Kamil: 18,1%

Arus Survei Indonesia

Penjaringan opini juga dilakukan Arus Survei Indonesia pada akhir April 2024. Dari hasil survei, nama Anies dan Ridwan Kamil bersaing di urutan atas. Berikut hasilnya:

1. Anies Baswedan: 19,8%
2. Ridwan Kamil: 15,8%
3. Heru Budi Hartono: 7,8%
4. Basuki Tjahaja Purnama: 5,8%

Katadata Insight Center

Katadata Insight Center (KIC) menggelar survei terkait tokoh-tokoh yang dianggap pantas menjadi gubernur Jakarta pada awal Mei 2024 Di luar nama Anies dan Ridwan Kamil, peringkat pertama diisi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ini hasil lengkapnya:

1. Basuki Tjahaja Purnama: 33,2%
2. Anies Baswedan: 25,4%
3. Ridwan Kamil: 20%