Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Tertunda, Apa Alasannya?

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Pelatih Timnas U20 Shin Tae Yong (kanan) menyimak arahan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali saat mengunjungi pemusatan latihan di Jakarta, Kamis (30/3/2023).
21/6/2024, 21.21 WIB

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Pelatih Tim Nasional Shin Tae-yong atau STY sedang dalam perawatan di rumah sakit. Akibatnya tanda tangan kontrak pelatih asal Korea Selatan itu tertunda.

"Kami sudah memberikan final kontrak kepada pelatih STY hampir 2 minggu yang lalu, tapi dia dirawat di rumah sakit sehingga kami masih menunggu," kata Erick kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/6).

Menurut Erick, kondisi kesehatan Shin Tae-yong tidak dapat mendampingi Erick Thohir untuk penarikan undian untuk kualifikasi piala dunia babak ketiga. Indonesia lolos ke babak lanjutan kualifikasi piala dunia 2026 setelah mengalahkan Filipina di laga terakhir. 

Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas U-23 Indonesia sejak 2019. Kontraknya semestinya habis pada Juni 2024, namun Ketua PSSI Erick Thohir memperpanjangan kontrak menjadi 2027.

Shin Tae-yong untuk pertama kalinya membawa Timnas U-23 Indonesia bisa melaju ke Piala Asia. Bahkan, dalam debutnya Indonesia bisa melaju ke babak 8 besar. Melalui Piala Asia U-23, Timnas Indonesia muda memiliki peluang besar untuk memperoleh tiket Olimpiade Paris 2024.

Sejak menjadi pelatih di Indonesia, Shin Tae-Yong membawa Timnas Sepak Bola Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23. Ia melakukan sejumlah strategi untuk membenahi timnas agar bisa menjadi lebih tangguh di Asia. 



Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail