Terbang Ke Filipina, Prabowo Batal Hadiri Rapimnas PKS

Dok. Kementerian Pertahanan
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum IISS Shangri-La Dialogue 2024
19/9/2024, 13.34 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto batal menghadiri Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) di Kantor DPP PKS TB Simatupang, Jakarta Selatan pada Kamis (19/9).

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan saat ini Prabowo tengah menjalankan tugas kenegaraan ke Filipina.  "Walaupun sudah kami siapkan, maka Rapimnas tetap berjalan karena memang sudh kami agendakan sejak lama," kata Mabruri saat menggelar konferensi pers di lobi Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (19/9).

 Prabowo juga tidak akan menghadiri rapat kerja nasional (Rakernas) PKS di Hotel Sahid Jaya Jakarta pada 20-22 September mendatang. "Di Rakernas tidak dijadwalkan, jadwalnya di Rapimnas ini, (tapi) beliau tidak bisa hadir," ujar Mabruri. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu memgatakan Rapimnas kali ini dihadiri oleh pimpinan tingkat pusat dan para pengurus DPP PKS. Forum ini juga dihadiri oleh para anggota majelis syuro PKS dan para ketua dewan pimpiman wilayah (DPW) PKS dari seluruh Indonesia. 

Syaikhu mengatakan Rapimnas hari ini merupakan rangkaian dari agenda Rakernas yang akan berlangsung secara intensif selama tiga hari, sejak 20 hingga 22 September.

Rangkaian Rapimnas dan Rakernas ini menjadi awal konsolidasi dan pengokohan persiapan PKS untuk mempersiapkan pemenangan pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak tahun ini. 

"Insyaallah PKS mentargetkan pemenangan 60% dari pilkada serentak yang diikuti di seluruh Indonesia," kata Syaikhu. 

Dia mengatakan ada sejumlah kader PKS yang maju sebagai calon kepada daerah dalam pilkada serentang 2024.   PKS menempatkan empat kader partai untuk maju di pemilihan gubernur (pilgub).

Mereka adalah Buya Mulyadi di Sumatera Barat, Ahmad Syaikhu di Jawa Barat, Muhammad Kasuba di Maluku Utara dan Zulkieflimansyah di Nusa Tenggara Timur. 

Selain itu, PKS juga mengutus tiga kader partai untuk berlaga sebagai calon wakil gubernur. Mereka adalah Suswono di Jakarta, Dimyati Natakusuma di Banten dan Mawardi di Riau. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu