Sah, Komeng dan 151 Orang Lain Dilantik Jadi Anggota DPD 2024-2029

Youtube/DPR
Pelantikan Anggota DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). Foto: Youtube/DPR
1/10/2024, 11.43 WIB

Sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) resmi dilantik untuk masa jabatan 2024-2029 pada Selasa (1/10). Nama komedian Alfiansyah Komeng termasuk di dalamnya.

Pengucapan sumpah itu dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin. Ia meminta ketersediaan seluruh calon anggota untuk mengucapkan sumpah saat pelantikan.

"Apakah saudara-saudara bersedia bersumpah berjanji menurut agama saudara?" Tanya Syarifuddin diikuti ketersediaan para calon anggota.

Syarifuddin mengatakan, sumpah yang diucapkan para calon anggota merupakan tanggung jawab pada bangsa dan negara. Serta tanggung jawab memelihara Undang-Undang Dasar 1945.

"Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," kata Syarifuddin.

Pemantapan Nilai Kebangsaan Calon Anggota DPR dan DPD Terpilih 2 (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU)

Adapun sumpah yang diucapkan sebagai berikut.

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sunguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan bangsa negara dan daerah daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. 

Bahwa saya akan memperjuangkan  aspirasi daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Reporter: Ade Rosman