Fahri Hamzah Masuk Kabinet Prabowo, Singgung Sektor Perumahan

Katadata
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta, Selasa (15/10). Foto: Amelia Yesidora/Katadata
15/10/2024, 16.03 WIB

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah akan masuk kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Fahri mengaku diminta Prabowo dalam mengatasi permasalahan masyarakat.

"Terutama karena fungsi saya sebagai Anggota Satgas Perumahan yang dibentuk," kata Fahri di kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (14/10).

Fahri tak menjelaskan apa yang akan menjadi protofolionya nanti pada kabinet Prabowo-Gibran. Namun, ia mengatakan tugas yang diberikan Prabowo berat.

"Posisi dan lain sebagainya adalah hak prerogatif Pak Prabowo," katanya.

Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu mengaku sudah menandatangani pakta integritas beberapa hari lalu. Pertemuan hari ini dilakukan untuk memastikan kesediaan Fahri mengemban jabatan.

"Hari ini follow up langsung dengan Pak Prabowo," katanya.

Sebelum Fahri tiba, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta telah dipanggil Prabowo. Anis mengaku diminta mengisi posisi Wakil Menteri Luar Negeri, bersama-sama Arrmanatha Nasir. 

Anis, usai pertemuan, mengatakan dirinya akan fokus diplomasi dengan dunia Islam. "Beliau (Arrmanatha) akan fokus untuk Amerika (Serikat) dan Eropa," kata Anies di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (15/10).