Herindra Jalani Uji Kelayakan Calon Kepala BIN di DPR, Bakal Dilantik Prabowo

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra (kanan) berbicara mantan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kiri) sebelum rapat kerja bersama Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/6/2023).
Penulis: Ira Guslina Sufa
16/10/2024, 13.14 WIB

Perwakilan Rakyat (DPR) hari ini menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra. Uji kelayakan dilakukan secara tertutup dan tidak bisa diikuti oleh publik. 

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan proses uji kelayakan di DPR bergulir setelah menerima Surat Presiden (Surpres) dari Joko Widodo mengenai penunjukan Herindra. Herindra yang kini menjabat wakil Menteri Pertahanan itu akan menggantikan posisi Budi Gunawan yang kini menjadi kepala BIN. 

Herindra tiba di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, sekitar pukul 10.53 WIB. Ia melemparkan senyum ke arah wartawan saat hendak memasuki Ruang Komisi I DPR, tempat dilangsungkan-nya uji kelayakan.

Ia datang mengenakan setelan jas itu datang bersama dengan para Wakil Ketua DPR RI yakni Sufmi Dasco Ahmad, Saan Mustopa, dan Adies Kadir. Bila mendapat persetujuan dari DPR pelantikan Herindra direncanakan akan digelar bersamaan dengan pelantikan kabinet baru yang tengah disusun oleh Prabowo. 

Jokowi sebelumnya menyatakan penunjukan Herindra sebagai kepala BIN merupakan hasil diskusi dengan Prabowo. Penunjukan dan uji kelayakan sengaja digelar sebelum pemerintahan berganti agar prosesnya efektif dan Herindra bisa langsung bertugas saat Prabowo-Gibran resmi menjadi presiden dan wakil presiden.