Puan Pastikan Ada Kader PDIP Masuk Kabinet, Solid Dukung Pemerintahan Prabowo

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/app/tom.
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024—2025 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).
Penulis: Ira Guslina Sufa
16/10/2024, 17.12 WIB

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan partainya siap  mendukung pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Bahkan menurut Puan akan ada kader PDIP yang masuk dalam susunan kabinet. 

 “Kami solid mendukung pemerintahan yang akan datang dalam membangun Indonesia ke depan,” kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10). 

Mengenai siapa kader PDIP yang akan masuk kabinet itu menurut Puan akan sepenuhnya disampaikan oleh Prabowo Subianto. Ia pun menepis adanya perbedaan pendapat di internal PDIP terkait sikap bergabung dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. “PDI Perjuangan Solid,” ujar Puan yang juga menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu. 

Lebih jauh ia mengatakan meski tidak ada kader PDIP yang bertemu dengan Prabowo di Kertanegara pada Senin dan Selasa lalu tidak berpengaruh pada posisi kader PDIP di kabinet. Menurut Puan, kepastian bergabungnya PDIP akan diumumkan langsung oleh Prabowo. 

Sebelumnya, sebanyak 49 tokoh yang disebut sebagai calon menteri diundang untuk bertemu Prabowo di rumahnya, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10). Mereka dipanggil untuk ditempatkan di posisi pos kementerian yang telah dipersiapkan Prabowo. Para tokoh itu terdiri dari politisi, akademisi, hingga menteri era Presiden Joko Widodo.

Kemudian pada Selasa (15/10), sekitar 59 calon wakil menteri maupun calon kepala badan bertemu dengan Prabowo di kediamannya. Beberapa di antaranya adalah pesohor Raffi Ahmad, Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha, mantan atlet Taufik Hidayat, hingga musisi Yovie Widianto.

Reporter: Antara