Top News: Pembekalan Prabowo di Hambalang dan PDIP akan Masuk Kabinet

ANTARA/M Fikri Setiawan
Sejumlah calon menteri hadir di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).
17/10/2024, 06.03 WIB

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil para calon menteri dan wakil menteri untuk kabinet pemerintahannya mendatang ke kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (16/10).

Agenda utama pertemuan ini adalah memberikan pembekalan serta menyamakan visi dan pandangan mereka, mengenai jalannya pemerintahan mendatang.

Pertemuan kali ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan kabinet yang tengah dilakukan Prabowo. Rangkaian ini diawali dengan pemanggilan para tokoh ke rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, selama dua hari berturut-turut.

Total tokoh yang Prabowo panggil dan berpotensi masuk kabinet mencapai 108 orang.

Pembekalan dan rangkaian persiapan pembentukan kabinet Prabowo menjadi artikel Top News Katadata.co.id.

1. Daftar Lengkap 108 Calon Menteri/Wamen Prabowo, Ini Perkiraan Pos yang Ditempati

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengadakan pertemuan di kediamannya di Hambalang, Bogor, pada Rabu (16/10). Ia memanggil para calon menteri dan kepala badan serta pimpinan lembaga negara yang akan mengisi kabinet pemerintahan Prabowo bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Agenda utama pertemuan ini adalah memberikan pembekalan kepada para tokoh yang masuk dalam kandidat kabinet. Selain itu, pertemuan ini bertujuan untuk menyamakan visi dan pandangan mereka.

Pertemuan kali ini merupakan kelanjutan dari proses penyusunan kabinet yang tengah dilakukan oleh Prabowo. Sebelumnya, pada Senin (14/10), Prabowo telah memanggil 49 calon menteri dan kepala badan ke rumahnya di Jalan Kertanegara.

Kemudian, pada Selasa (15/10), ia kembali memanggil 59 tokoh dari kalangan profesional dan partai yang berpotensi menjadi wakil menteri dalam kabinet mendatang. Dengan begitu total tokoh yang sudah dipanggil Prabowo dan berpotensi masuk kabinet berjumlah 108 orang.

Rencananya, Prabowo akan membentuk sekitar 46 kementerian dan lembaga, dengan beberapa menteri didampingi lebih dari satu wakil menteri. Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, juga dijadwalkan hadir dalam pertemuan kali ini.

2. Deretan Calon Menteri Prabowo Hadiri Pembekalan di Hambalang Hari Ini

Sejumlah calon menteri berdatangan di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk mengikuti pembekalan sejak Rabu pagi (16/10).

Berdasarkan pantauan, calon menteri yang sudah hadir di antaranya adalah menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Budi Arie Setiadi, Erick Thohir, Sri Mulyani Indrawati dan Airlangga Hartanto.

Selain dihadiri para calon menteri, agenda pembekalan ini juga dihadiri sejumlah pejabat negara seperti Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto.

Pembekalan calon menteri kabinet Prabowo ini juga dihadiri Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Gibran tiba di lokasli pukul pukul 07.24 WIB.

3. Puan Pastikan Ada Kader PDIP Masuk Kabinet, Solid Dukung Pemerintahan Prabowo

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan partainya siap mendukung pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Bahkan menurut Puan akan ada kader PDIP yang masuk dalam susunan kabinet.

“Kami solid mendukung pemerintahan yang akan datang dalam membangun Indonesia ke depan,” kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10).

Mengenai siapa kader PDIP yang akan masuk kabinet itu menurut Puan akan sepenuhnya disampaikan oleh Prabowo Subianto. Ia pun menepis adanya perbedaan pendapat di internal PDIP terkait sikap bergabung dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

“PDI Perjuangan Solid,” ujar Puan yang juga menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Lebih jauh ia mengatakan meski tidak ada kader PDIP yang bertemu dengan Prabowo di Kertanegara pada Senin dan Selasa lalu tidak berpengaruh pada posisi kader PDIP di kabinet. Menurut Puan, kepastian bergabungnya PDIP akan diumumkan langsung oleh Prabowo.

4. Deret Artis dan Pesohor Masuk Kandidat Kabinet Prabowo, Ada Yovie dan Gus Miftah

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sejumlah tokoh untuk menanyakan komitmen bergabung di pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Pemanggilan berlangsung dua hari di rumah Prabowo di kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10) dan Selasa (15/10).

Beberapa nama terkenal dari kalangan artis, pendakwah, hingga atlet terlihat hadir.

Beberapa tokoh terkenal yang diundang dan hadir adalah Giring Ganesha, yang dibicarakan untuk peran di bidang kebudayaan. Kemudian Raffi Ahmad untuk kontribusi pada pekerja seni, generasi muda, dan badan kreatif.

Gus Miftah mendapat tugas untuk fokus pada moderasi toleransi di masyarakat. Mereka semua menunjukkan kesiapan untuk memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka, meskipun posisi resmi mereka belum diumumkan.

Tak hanya itu, Yovie Widianto dan Taufik Hidayat juga hadir dan berdiskusi tentang bagaimana mereka dapat mendukung pemerintahan baru. Yovie diminta masukan terkait pemberdayaan ekonomi kreatif, sedangkan Taufik membahas peran dalam peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

5. Hartono Bersaudara Suntik Modal Rp 2,25 T ke Blibli Lewat Private Placement

Emiten Grup Djarum PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli akan melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Manajemen Blibli menetapkan harga pelaksanaan sebesar Rp 460 per lembar saham. Apabila dikalkulasikkaan totalnya mencapai sekitar Rp 2,25 triliun. Tak hanya itu, Blibli berencana menerbitkan sebanyak 4,90 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 250 per lembar.

Seluruh saham baru tersebut akan diambil oleh entitas afiliasi dari perusahaan, PT Lingkarmulia Indah. Berdasarkan laporan tahunan Blibli 2023, PT Lingkarmulia Indah dimiliki oleh Hartono Bersaudara, Michael Bambang Hartono memegang 49% saham dan Robert Budi Hartono menggenggam sebesar 51% saham.

Selain itu, Lingkarmulia Indah juga memiliki 89,61% saham di PT Global Digital Prima (GDPr). GDPr sendiri menguasai 99,999% saham PT Global Investama Andalan (GIA), yang merupakan pengendali Blibli (BELI).