Prabowo Akan Umumkan Nama Menteri Kabinet Malam Ini

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/app/wpa.
Suasana dalam ruangan gedung Nusantara menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).
Penulis: Yuliawati
20/10/2024, 08.56 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengumumkan nama-nama menteri kabinet pemerintahan pada Minggu (20/10) malam. Pengumuman itu setelah Prabowo dan Gibran Rakabuming dilantik sebagai presiden-wakil presiden RI periode 2024–2029 pada Minggu.

“Nanti malam, insya Allah nanti malam. Jam-nya belum tahu, tetapi akan diumumkan oleh presiden terpilih di Istana,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di sekitar Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Setelah pengumuman kabinet, para Menteri bakal langsung dilantik sebagai menteri pada Senin pagi. Sedangkan para wakil menteri akan dilantik pada Senin sore hari.

Beberapa hari sebelum pelantikan, Prabowo telah memanggil 100 lebih calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta. Dia juga memberi pembekalan kepada mereka di kediamannya yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Setidaknya ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang dijadwalkan menghadiri acara pelantikan di Gedung Nusantara.

Negara-negara sahabat yang mengirimkan utusannya untuk menghadiri acara pelantikan, antara lain, Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Negara lainnya, yakni Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Jordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji.

Reporter: Ade Rosman, Antara