Muliaman Hadad Jadi Kepala Badan Investasi, Wakilnya Kaharuddin Djenod

Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Prabowo Subianto melantik Muliaman Hadad sebagai Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara pada Selasa (22/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
22/10/2024, 11.44 WIB

Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Muliaman Hadad sebagai Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara. Selain itu, Prabowo juga menunjuk Kaharuddin Djenod sebagai Wakil Kepala badan tersebut.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). Pelantikan digelar pada pukul 10.00 WIB dengan membacakan sumpah jabatan.

Muliaman adalah Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2012-2017. Setelah itu, ia menjadi Duta Besar Indonesia untuk Swiss pada 2018-2023.

Jabatan terakhir Muliaman sebelum menjabat sebagai Kepala Badan Investasi adalah Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS). Ia juga tercatat sebagai Komisaris Independen PT Astra International Tbk (ASII). 

Sedangkan Kaharuddin Djenod adalah Direktur Utama PT PAL Indonesia, Badan Usaha Milik Negara produsen kapal. Ia merupakan pendiri PT Terafulk Megantara Design, perusahaan pendesain kapal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Anagata menjadi lembaga khusus yang berada di bawah kendali presiden. Pembentukan badan ini berdasarkan Peraturan Presiden atau Perpres.

Lembaga ini dirancang untuk menjadi superholding BUMN dengan merujuk pada konsep Khazanah Berhad yang diterapkan di Malaysia.

Dengan pembentukan badan ini, Kementerian BUMN akan bertransformasi menjadi regulator yang lebih efisien, sehingga Kementerian BUMN untuk fokus pada tugas pengawasan dan pengaturan sektor publik yang lebih baik. Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat kinerja dan daya saing BUMN di tingkat nasional maupun internasional.