Pesan Prabowo saat Pembekalan Menteri di Akmil: Jangan Mau Didikte Asing

Tim Media Prabowo
Presiden Prabowo Subianto di acara Retreat Kabinet Merah Putih, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10). Foto: Tim Media Prabowo
25/10/2024, 13.59 WIB

Presiden Prabowo Subianto memberikan pembekalan pada pembukaan hari pertama Retreat Kabinet Merah Putih di Magelang, Jawa Tengah. Salah satu arahan yang diberikan Prabowo adalah jangan mau didikte kepentingan pihak lain dalam pembangunan.

"Jangan mau didikte oleh kepentingan asing," kata salah satu peserta, Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya Sugiarto di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10) dikutip dari Antara.

Prabowo memberikan arahan terkait hilirisasi, swasembada pangan, hingga energi dalam arahannya. Arahan disampaikan usai olahraga dan sarapan pagi pukul 08.00 WIB.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menggunakan momen retreat untuk mengenang masa pendidikan di Akademi Militer. Ia lalu mengingatkan para menteri dan wakil menteri mengenai kunci dari sebuah usaha.

"Tiga inti itu yakni disiplin, kesetiaan, dan setia pada bangsa dan negara Indonesia," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan bentuk kedisiplinan ia contohkan dengan menjadi orang yang pertama hadir di Lapangan Saptamarga. Para anggota Kabinet Merah Putih berkumpul di lapangan tersebut pukul 05.15 WIB untuk latihan baris berbaris.

Dibangunkan Suara Terompet

Para anggota kabinet juga dibangunkan dengan cara-cara militer yakni bunyi terompet. Wakil Menteri Ketenagakerjaan Imanuel Ebenezer mengatakan terompet dibunyikan pada pukul 04.00 WIB.

"Ternyata di Akmil, suara terompet ada di setiap jam tertentu, termasuk pagi hari," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan juga membenarkan pernyataan Noel soal bunyi terompet pagi tadi untuk membangunkan peserta retreat.

"Yang lain jam 05.00 WIB langsung bergerak ke lapangan untuk senam pagi," kata Zulhas.

Reporter: Antara