Blibli atau PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) berencana merambah bisnis lain setelah mengakuisisi startup properti Dekoruma
"Kami akan terus tambah lagi (ekosistem). Kategori berikutnya, tunggu tanggal mainnya," kata CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto dalam acaa Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket di kantor Tiket.com di Jakarta, Senin (22/7).
Blibli membangun ekosistem e-commerce omnichannel dan gaya hidup terpadu yakni Blibli Tiket pada 2022 dengan mengintegrasikan e-commerce dan toko fisik elektronik konsumen, online travel agent alias OTA Tiket.com, serta gerai supermarket premium Ranch Market.
Kusumo menyampaikan bahwa perusahaan akan terus mengembangkan ekosistem omnichannel. Saat ini, ekosistem Blibli sudah memiliki 185 toko fisik ellektronik, 62 gerai supermarket, dan 30 Dekoruma experience center.
"Kalau tidak ditambah ekosistemnya, tidak seru. Masa hanya teman-teman di kota besar yang bisa merasakan 'mimpi' dari kami," ujar dia.
Blibli juga akan berfokus mengembangkan program loyalti agar dapat relevan dengan penawaran untuk konsumen. Selain itu, mengembangkan inovasi dengan teknologi canggih.
"Jadi banyak sekali inisiatif yang sudah kami lakukan, baik AI, machine learning itu akan terus berjalan," ujar dia.
CEO Tiket.com George Hendrata menjelaskan, terdapat enam sinergi dan inovasi terintegrasi pada ekosistem Blibli Tiket. Pada 2022, perusahaan meluncurkan Single Sign-On yang menawarkan kemudahan akses antar platform menggunakan kredensial login yang sama di semua akun.
Penggabungan manfaat pelanggan pun secara bertahap dilakukan melalui Loyalty Membership Parity atau Blibli Tiket Rewards.
CEO Ranch Market Johartono Susilo menambahkan, sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan memudahkan pelanggan misalnya, pemanfaatan fitur CLik&Collect untuk berbelanja secara online dan mengambilnya di toko Ranch Market atau Farmers Market terdekat.
Selain itu, sinergi ekosistem dinilai memberikan manfaat seperti meningkatkan retensi pelanggan dengan menciptakan value-oriented benefits seperti potensi untuk mencapai tier keanggotaan yang lebih tinggi.
Ini juga termasuk mendorong cross-selling antar-platform contohnya melalui program Blibli Tiket Rewards.