Profil Sejumlah Petinggi Perusahaan yang Disebut Ikut Jet Pribadi Bareng Kaesang

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersiap memberikan keterangan pada konperensi pers dukungan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Penulis: Desy Setyowati
20/9/2024, 16.47 WIB

Ada tiga petinggi induk Shopee yakni Sea Ltd disebut-sebut masuk dalam daftar penumpang jet pribadi yang digunakan oleh Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono rute Jakarta – Surakarta – Jakarta pada 7 – 8 Juli.

Ketiga petinggi yang dimaksud yakni Ng Jerold Shing Kwang, Ng Juliani, dan Ye Gang. Hal ini diungkapkan oleh Manajer Riset Trend Asia Zakki Amali dalam utas di akun media sosial X @ZakkiAmali.

Beredar kabar di media manifes jet teman Kaesang bocor untuk rute Jakarta-Surakarta-Jakarta (HLP-SOC-HLP) tanggal 7-8 Juli 2024. Nama-nama penumpangnya wow ????

Sampai kapan mau membodohi masyarakat?

Source: https://t.co/9ab894ZXAh (paywall) pic.twitter.com/7Bn3Xw7rXK
— Zakki Amali (@ZakkiAmali) September 19, 2024

Katadata.co.id mengonfirmasi hal itu kepada Shopee Indonesia, namun belum ada tanggapan.

Nama lain yang masuk dalam daftar penumpang jet pribadi tersebut yakni Bekti Agus Hari, Erica Rahayu Tjung, Erina Sofia Gudono, Fallah A Tanzi Aul, Presiden Komisaris Wilmar Cahaya Indonesia Wilmar Darwin Indigo, Kaesang Pangarep, dan Khakim Nurul.

Darwin Indigo menjabat sebagai presiden komisaris Wilmar Cahaya Indonesia sejak 2019. Ia merupakan anak dari Ganda Sitorus, saudara konglomerat Martua Sitorus.

Ganda dan Martua mendirikan konglomerasi perusahaan kelapa sawit Wilmar.  Darwin Indigo juga menjabat sebagai Country Head Indonesia untuk Wilmar International Limited sekaligus menjadi Direktur Non-Eksekutif sejak 2013.

Sementara itu, ada tiga petinggi induk Shopee, Sea Ltd yang masuk dalam daftar yakni Ye Gang, Ng Juliana, dan Ng Jerold.

Dikutip dari Clay.earth, Ng Jerold memperoleh gelar magister administrasi bisnis dari UCLA Anderson School of Management dan NUS Business School. Ia juga memperoleh gelar bachelor of arts di bidang ekonomi, statistik, matematika, dan kebijakan publik dari Universitas Calfornia, Berkeley.

Ng Jerold pernah menjabat sebagai direktur manajemen sumber daya strategis di Kementerian Dalam Negeri di Singapura. Di kementerian yang sama, ia sempat menduduki posisi wakil direktur perencanaan strategs dan sumber daya.

Selain itu, Ng Jerold pernah menjabat sebagai wakil direktur industri pariwisata di Kementerian Perdagangan dan Industri.

Ia juga pernah menduduki posisi pejabat layanan administratif di Pemerintah Singapura, asisten direktur senior di pasar perumahan di Kementerian Pembangunan Nasional, serta rekan senior di strategi eGov di Kementerian Keuangan.

Kini Ng Jerold menjabat sebagai direktur, grup COO Office di Sea Ltd.

Sementara itu, Ng Juliana terpantau menjabat sebagai senior business development di Sea Ltd sejak Agustus 2020 berdasarkan laman LinkedIn. Ia terpantau membagikan atau menyukai konten terkait Sea Ltd, Shopee maupun SeaMoney di LinkedIn, namun tidak ada informasi mengenai pendidikan dan pengalaman kerja lainnya.

Lalu Ye Gang, salah satu pendiri Sea Ltd yang diperkirakan oleh Forbes memiliki kekayaan US$ 3,2 miliar atau Rp 48,9 triliun per bulan ini (17/9). Nilainya hampir setara kekayaan keluarga Garibaldi Thohir per akhir 2023 yakni US$ 3,3 miliar atau Rp 51 triliun.

Ye Gang merupakan seorang imigran Cina yang kini jadi warga negara Singapura. Sebelum menjadi pebisnis, ia mengemban Ilmu Komputer dan Ekonomi di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

Lulus dari sana, ia sempat bekerja di perusahaan minyak goreng Wilmar International. Ia juga pernah menjadi pegawai negeri sipil Singapura dengan bekerja di Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura.

Sea Group awalnya berdiri sebagai Garena, didirikan oleh Forrest Li pada 2009. Perusahaan ini dikenal sebagai pemegang hak penerbitan gim League of Legends.

Ye Gang masuk sebagai Chief Technology Officer Sea Group per Maret 2010 hingga Desember 2016. Ia naik jabatan pada 2017 sebagai Chief Operating Officer. Di era inilah, Garena berganti nama menjadi Sea.

Upaya rebranding itu dilakukan usai perusahaan berhasil mendapat pendanaan US$ 550 juta. Di bawah kepimpinannya, Sea Group berhasil melantai di bursa saham New York pada 2017.

Pada Maret 2024, induk Shopee ini melaporkan keuntungan tahun berjalan 2023 US$ 162,7 juta atau Rp 2,4 triliun. Ini pertama kalinya sejak perusahaan IPO.

Sementara itu, Ng Juliana disebut sebagai Senior Business Development di Sea Ltd. Mereka ditengarai menaiki jet pribadi tipe Gulfstream G650 dengan tail number N588SE milik perusahaan game online Garena yang berada di bawah naungan Sea Ltd, perusahaan asal Singapura.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Amelia Yesidora, Desy Setyowati