Bukalapak Gaet Bill & Melinda Gates Foundation Milik Pendiri Microsoft

Bukalapak
CEO BukaFinancial and Commerce Bukalapak Victor Putra Lesmana dan Indonesia Country Lead Inclusive Financial Systems Bill & Melinda Gates Foundation Brooke Patterson
Penulis: Amelia Yesidora
1/10/2024, 07.00 WIB

Bukalapak melalui layanan online-to-offline Mitra Bukalapak bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation milik pendiri Microsoft Bill Gates. Kemitraan ini berfokus pada pembangunan agen tahap akhir atau last-mile yang berkelanjutan dan memperluas inklusi keuangan.

Indonesia Country Lead Inclusive Financial Systems Bill & Melinda Gates Foundation Brooke Patterson menyampaikan, pengembangan UMKM bisa dengan memfasilitasi ke akses pasar, memperluas bisnis lewat produk digital dan layanan keuangan, serta menawarkan kredit.

Kami sangat antusias bermitra dengan Mitra Bukalapak untuk menghadirkan manfaat inovasi digital bagi UMKM di Indonesia,” ujar Patterson dalam siaran pers, Senin (30/9).

Bill & Melinda Gates Foundation berharap bisa memfasilitasi pertumbuhan ekonomi yang merata dengan pemberdayaan dan meningkatkan kapabilitas bisnis UMKM. Dari sisi Bukalapak, kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan volume transaksi secara signifikan.

CEO BukaFinancial and Commerce Bukalapak Victor Putra Lesmana menyebut kolaborasi itu menegaskan komitmen perusahaan dalam menciptakan dampak positif berkelanjutan.

Bukalapak sudah memberi akses digital dan finansial bagi belasan juta UMKM di Indonesia sejak 2018. Dengan aplikasi Mitra Bukalapak, pemilik warung bisa menjual berbagai produk virtual dan memfasilitasi pembayaran tagihan, pengisian e-wallet, transfer bank hingga pembelian pulsa.

“Solusi ini menciptakan akses ke layanan keuangan yang lebih inklusif sekaligus meningkatkan omset pelaku usaha,” kata SVP of Product Bukafin Digital CSM & Corporate Finance Stefani Herlie.

Reporter: Amelia Yesidora