Bukalapak mengumumkan penutupan bisnis e-commerce mulai bulan depan, dan akan fokus pada produk virtual. Bagaimana pedagang bisa menarik saldo penjualan?
Melansir laman resmi Bukalapak, saldo bisa dicairkan ke rekening BCA, BRI, Mandiri, BNI dan BukaTabungan. Pedagang bakal dikenakan biaya administrasi Rp 6.500.
Mereka juga tidak bisa mencairkan dana ke rekening luar negeri dan dompet digital seperti GoPay, OVO, atau LinkAja. Pencairan juga tidak bisa dilakukan secara tunai.
Minimal nominal pencairan dana Rp 25 ribu dan maksimal Rp 10 juta. Khusus untuk BCA, BRI, Mandiri, dan BNI, tidak ada batas pencairan dana.
Berikut cara mencairkan saldo penjual Bukalapak ke rekening:
- Login ke akun Bukalapak
- Pada menu bar, klik menu ‘saldo Bukalapak’ dan klik ‘Detail’
- Pengguna bakal diarahkan ke halaman Saldo Bukalapak. Klik ‘Lainnya’, lalu pilih ‘Cairkan Dana’
- Masukkan jumlah dana yang ingin dicairkan dan pilih nomor rekening tujuan pencairan
- Masukkan password Bukalapak dan klik ‘Cairkan’
- Pencairan dana akan diproses oleh Bukalapak
Pencairan bisa dilakukan dua kali sehari secara berturut-turut ke rekening BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Selain empat bank utama ini, pengguna hanya bisa mencairkan dana maksimal sekali sehari.
Pencairan ke empat bank utama itu bisa dilakukan pada hari kerja pukul 07.00–18.00 WIB. Sementara pada akhir pekan atau libur nasional, pencairan bisa dilakukan pukul 09.00–18.00 WIB. Jika melakukan pencairan di atas 18.00 WIB, pencairan diproses esok hari.
Dana hasil pencairan bakal ditransfer ke rekening pengguna empat bank utama dalam waktu 1x24 jam. Selain empat bank utama, butuh waktu 2x24 jam pencairan.
Bila dana yang dicairkan belum masuk ke rekening dalam waktu yang ditentukan, maka pedagang bisa melakukan dua hal, yakni:
Mengecek surel atau email karena Bukalapak bakal menginformasikan bila permintaan pencairan dana gagal dilakukan
Bila menerima email yang menyebut pencairan dana berhasil tetapi belum ada dana masuk ke rekening, pengguna bisa menghubungi laman BukaBantuan. Lalu pengguna bisa pilih kategori ‘Akun dan Pelanggaran’, kemudian ‘Pencairan Saldo Belum Masuk Rekening’.
Berikut beberapa kondisi kesalahan saat pencairan dana dan solusinya:
- Jika permintaan pencairan dana sudah diproses dan diteruskan ke Bank terkait, maka pengguna tidak bisa membatalkannya.
- Jika pengguna memasukkan nomor rekening yang tidak valid, maka bank akan menolak pencairan dana tersebut dan dana akan dikembalikan ke Saldo Bukalapak.
- Jika pengguna memasukkan nomor rekening yang valid tetapi rekening tersebut milik orang lain, maka dana tidak akan dikembalikan ke Saldo Bukalapak.
- Jika permohonan belum diproses, pengguna dapat menghubungi BukaBantuan untuk membatalkan proses pencairan dana. Setelah dibatalkan, pengguna dapat melakukan pencairan dana ulang dengan memasukkan data yang benar.