Riset: Konsumen Indonesia Utamakan Harga dari Fitur saat Beli Ponsel

Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi Gadget
Penulis: Lavinda
23/5/2023, 16.32 WIB

Konsumen Indonesia lebih mengutamakan pertimbangan harga ketika memutuskan membeli ponsel, dibanding memperhatikan fitur-fitur yang terdapat dalam gadget.

Survei lembaga riset pasar teknologi Counterpoint Research menunjukkan, konsumen Indonesia menyukai ponsel dengan harga terjangkau atau yang memiliki promosi harga pada masa pemulihan ekonomi saat ini. Pada kuartal I 2023, konsumen memilih ponsel yang memiliki diskon saat momentum Hari Raya Imlek dan Ramadan.

"Fungsi ponsel pintar sudah meluas, tidak hanya untuk berbicara dengan orang lain, tapi juga membantu aktivitas sehari-hari, perilaku konsumen ketika membeli ponsel berubah. Mereka mencari gawai yang bisa diandalkan, tapi ramah di kantong," kata analis senior Counterpoint Febriman Abdillah seperti dikutip Antara, Selasa (23/5).

Konsumen Indonesia sekarang mencari ponsel yang memiliki konektivitas, baterai, penyimpanan, kamera, layar dan desain yang dikemas dalam harga yang wajar.

Beberapa waktu belakangan ini, ponsel level dasar atau entry-level yang dipasarkan di bawah US$ 200 atau sekitar Rp 2,9 juta, mengalami peningkatan fitur seperti kamera, cipset dan kapasitas penyimpanan.

Halaman: