Bagaimana Cara Kerja Pager? Alat Komunikasi yang Tren di Era 90 an

Unsplash
Cara Kerja Pager
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
19/9/2024, 08.35 WIB

Bagaimana cara kerja pager? Pertanyaan ini menjadi menarik untuk diketahui. Baru-baru ini, istilah pager ramai terdengar setelah alat komunikasi ini meledak bersamaan di Lebanon. Akibatnya ribuan orang mengalami luka-luka, 200 kritis, dan 9 orang meninggal dunia.

Pager adalah alat komunikasi yang sempat ngetren di era 90-an. Alat komunikasi ini ternyata masih digunakan oleh beberapa kalangan dalam situasi darurat. Meski membutuhkan proses yang rumit, pager masih berguna di bidang teknologi informasi.

Bagaimana Cara Kerja Pager?

Cara Kerja Pager (Freepik.com)

Cara kerja pager memang sedikit ribet. Sebelum mengirim pesan, harus menghubungi operator pager dengan menggunakan telepon rumah. Operator akan meminta nomor ID pager yang dituju.

Operator mengirimkan pesan kepada pager milik penerima melalui frekuensi radio. Biasanya pager beroperasi pada frekuensi radio khusus, dan dirancang untuk menerima pesan melalui frekuensi ini.

Pada umumnya, pager akan mengeluarkan bunyi bip, nada atau getaran untuk memberitahu pengguna bahwa ada pesan yang masuk. Ketika pager bunyi, penerima hanya perlu mencari telepon umum, atau telepon rumah terdekat untuk menanggapi pesan itu.

Bermula dengan operasi pada frekuensi 4 AM, pager berganti ke saluran FM, sehingga dapat dipakai di mana-mana. Lambat laun, pager berkembang dan diminati oleh banyak orang, terutama oleh mereka yang membutuhkan informasi cepat.

Namun, pengiriman pesan melalui pager dapat disadap oleh radio panggil lainnya. Dengan begitu, besar kemungkinan disalahgunakan oleh pihak-pihak lain, seperti agen kriminal atau hukum.

Tipe-tipe Pager

Dalam perkembangannya, pager terbagi menjadi 3 tipe yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakai. Berikut tipe-tipe pager:

1. Radio Panggil Numerik

Radio panggil numerik merupakan tipe pager paling sederhana. Di mana dalam layarnya, hanya ada urutan angka, dan kode-kode untuk melakukan panggilan.

2. Radio Panggil Alphanumerik

Selain untuk melakukan panggilan, radio panggil alphanumerik memiliki layanan email dan tulisan untuk mengirimkan pesan.

3. Radio Panggil Alphanumerik Dua Arah

Radio panggil alphanumerik dua arah menggunakan jaringan satelit. Operator akan melakukan editing pada pesan yang masuk. Praktisnya, radio panggil ini dapat mengirimkan pesan hanya menggunakan tombol kecil saja.

Penggunaan Pager di Zaman Sekarang

Pada umumnya, pager sudah jarang ditemui di zaman sekarang. Semakin canggihnya alat komunikasi saat ini, membuat pager ditinggalkan. Namun, dalam situasi tertentu, pager masih digunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Bagi mereka yang bergerak dalam bidang kesehatan, pager masih berfungsi untuk mengumpulkan mereka dalam situasi darurat. Pager juga masih diperlukan oleh regu tim penyelamat, dan pemadam kebakaran. Bahkan dalam dunia teknologi informasi, pager masih dapat diandalkan.

Demikian cara kerja pager yang masih digunakan dalam situasi darurat. Pager menjadi alat komunikasi yang berfungsi untuk mengirim, dan menerima pesan singkat atau peringatan. Tidak seperti ponsel, pager bekerja menggunakan gelombang radio.