Pandemi corona membuat sebagian masyarakat beralih menggunakan pembayaran nontunai guna menghindari penyebaran virus corona. Perusahaan teknologi finansial besutan Gojek, Gopay mengungkapkan terdapat empat transaksi yang diminati penggunaya selama Covid-19 melanda Tanah Air.
Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, terdapat sejumlah transaksi pembayaran nontunai yang meningkat selama pandemi corona. Pertama, pembayaran makanan dan minuman. Kedua, pembayaran tagihan melalui fitur GoBills. Budi enggan merinci lebih lanjut terkait kenaikan transaksi pembayaran kedua layanan tersebut.
Ketiga, pembayaran donasi digital. "Pertumbuhan donasi melalui zakat naik dua kali lipat di masa pandemi dibandingkan pada awal tahun ini," ujar Budi dalam video conference, Senin (29/6).
(Baca: Normal Baru, Bioskop CGV Bakal Beri Jarak Kursi Penonton)
Menurut dia, pada dasarnya orang Indonesia suka bersedekah dan berbagi. Hal itu terlihat dari banyaknya donasi dari mitra perusahaan seperti KitaBisa maupun ratusan rumah ibadah melalui Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS. Jasa tip bagi mitra pengemudi Gojek melonjak pesat selama pandemi.
"Khusus di hari pertama Idul Fitri, kenaikan transaksi transfer antar pengguna GoPay itu meningkat kurang lebih dua kali lipat dibandingkan hari biasanya, di mana 40% di antaranya menggunakan berita transfer untuk hari raya ini," ujar dia.
(Baca: GoFood Festival Ditutup, Gojek Andalkan Dapur Bersama dengan Mitra)