Traveloka dan Tiket.com: Ada Perubahan Tren Mudik Lebaran 2023

Google Play Store
Ilustrasi, tampilan platform Traveloka dan Tiket.com
Penulis: Desy Setyowati
13/4/2023, 13.27 WIB

Traveloka dan Tiket.com mencatat transaksi saat Ramadan atau menjelang momen mudik Lebaran 2023 meningkat. Ini karena permintaan dari para pemudik, serta orang yang ingin berlibur.

Chief of Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana menyampaikan, tren perjalanan baik domestik maupun internasional terus meningkat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berakhir per 31 Desember 2022.

“Akan terus meningkat terlebih di masa libur Lebaran nanti,” kata Shirley dalam keterangan pers, dua pekan lalu. Sebab momen libur Lebaran selalu identik dengan kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga.

Namun Traveloka juga melihat adanya perubahan tren, yakni sebagian besar pengguna menyatakan momentum libur Lebaran tidak hanya digunakan untuk mudik, tetapi juga berlibur.

Data internal Traveloka menunjukkan 34% pengguna memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan bersama keluarga, terutama dalam menyambut libur Lebaran.

Sebanyak 48% pengguna menyatakan akan memanfaatkan momen Lebaran untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.

Pencarian penerbangan domestik mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik Lebaran 2023. Angkanya naik 14,2% dibandingkan periode sama tahun lalu 85,5 juta orang. 

Traveloka mencatat destinasi yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur lebaran yakni:

  • Bali
  • Surabaya
  • Medan
  • Padang
  • Yogyakarta
  • Singapura
  • Malaysia
  • Thailand
  • Korea Selatan
  • Jepang

Traveloka juga melihat moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur lebaran tak hanya melalui pesawat, melainkan ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus dan shuttle, serta mobil pribadi.

Hal senada disampaikan oleh Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa. Ia mengungkapkan daftar pemesanan layanan di Tiket.com selama dua pekan Ramadan sebagai berikut:

Tiket pesawat domestik tujuan:

  • Padang
  • Medan
  • Bali

Sedangkan tujuan internasional di antaranya:

  • Singapura
  • Malaysia
  • Turki

“Sepertinya itu untuk liburan,” kata Gaery ditemui oleh Katadata.co.id di kantornya, pekan lalu.

Pemesanan hotel juga meningkat, terutama di:

  • Bogor
  • Bali
  • Surabaya
  • Bangkok, Thailand
  • Johor, Malaysia
  • Singapura