Startup Kopi Kenangan Bakal Ekspansi ke 5 Negara hingga 2030

Instagram/@kopikenangan.id
Kopi literan Kopi Kenangan
Penulis: Desy Setyowati
18/5/2023, 09.00 WIB

Kopi Kenangan menargetkan untung tujuh tahun lagi atau pada 2030. Pada saat yang sama, startup kuliner ini berambisi sudah hadir di lima negara.

“Kami akan terus berinovasi dan pengembangan produk, sehingga ekspansi gerai dapat mencapai setidaknya lima negara di Asia Tenggara pada 2030,” kata Kenangan Brands dalam keterangan pers, Rabu (17/5).

Saat ini, startup Kopi Kenangan telah hadir di Indonesia dan Malaysia. Unicorn kuliner ini dikabarkan segera masuk pasar Singapura.

Corporate Affairs Manager Kenangan Brands Ruth Davina mengatakan perusahaan mengeksplorasi kemungkinan untuk membuka gerai di beberapa negara di Asia Tenggara. Namun Kopi Kenangan belum bisa membeberkan nama-nama negara yang menjadi target selanjutnya.

“Kami mewujudkan visi ini pertama kali pada 2021 dengan membuka pintu di negara Jiran, Malaysia. Berikutnya, tentu saja kami akan terus mengembangkan sayap ke negara lain,” kata Ruth kepada Katadata.co.id, bulan lalu (20/4).

Startup yang terdiri dari beberapa merek di bawah Kenangan Brands itu juga menargetkan untung pada 2030. Selain itu, beroperasi secara berkelanjutan.

Kopi Kenangan pun mulai menerapkan operasional ramah lingkungan dengan fokus utama mencapai Zero Waste to Landfill.

Pada 2030, Kopi Kenangan menargetkan bisa mencegah sampah operasional masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA). Caranya yakni:

  1. Mengurangi sampah
  2. Bekerja sama dengan mitra tepercaya untuk mendaur ulang sampah
  3. Mendonasikan makanan hasil produksi yang layak konsumsi kepada orang-orang yang membutuhkan

Startup Kopi Kenangan pun menerapkan strategi Kenangan Sustainability Journey 2030 yang dirancang berdasarkan pedoman ESG dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Reporter: Zahwa Madjid