Grab menghadirkan beberapa fitur baru GrabFood, seperti Group Order, Split Bill, Order Deadline, dan bergabung dengan QR Code. Fitur-fitur itu memungkinkan pengguna untuk memesan makanan secara kolektif hingga membayar patungan.
Selain layanan pesan antar, GrabFood juga pastikan konsumen dapat menikmati makan di tempat dengan jaminan pengembalian dana 100% untuk Dine-in Voucher dan potongan harga instan hingga 40% dengan menggunakan Dine-in Discount.
Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe menyampaikan bahwa fitur-fitur pendukung tersebut hadir untuk meningkatkan pengalaman pengguna layanan GrabFood.
"Tambahan fitur pendukung ini lahir dari pengamatan akan kebiasaan dan kebutuhan pengguna saat menggunakan Group Order dan Dine-in Deals,” ujar dia dalam keterangan pers, Selasa (19/3).
Sebelumnya, pengguna Group Order harus menghitung dan membagi tagihan secara manual. Namun hal itu tidak diperlukan lagi sebab adanya fitur Split Bill.
Hadi menambahkan, pembaruan fitur juga disematkan pada Dine-in Deals yang kini memungkinkan pengguna untuk melakukan 100% refund jika Dine-in Voucher tidak digunakan.
Group Order merupakan fitur memesan GrabFood untuk maksimal 10 pengguna dalam waktu bersamaan lewat satu link yang sama. Sehingga lebih menghemat waktu dan biaya pengiriman. Fitur ini pertama kali dirilis di Indonesia pada 2020. Grab mencatat pemesanan Group Order di Indonesia pada 2023 meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.
Adapun, berikut daftar fitur pendukung Group Order :
1. Split Bill atau bagi tagihan : fitur ini dapat secara otomatis membagi jumlah yang harus dibayarkan oleh setiap pengguna sehingga tidak perlu lagi menghitung secara manual. Perhitungan bisa diatur berdasarkan pesanan masing-masing pengguna atau total tagihan yang dibagi rata. Sementara biaya pengantaran dan pajak akan dibagi rata kepada setiap pengguna.
2. Order Deadline atau batas waktu pemesanan : host atau ketua grup dapat mengatur tenggat waktu pemesanan sehingga pengguna tahu kapan batas terakhir untuk dapat memasukkan pesanan dan ikut dalam Group Order. Pengguna tidak bisa lagi memasukkan pesanan jika melewati tenggat waktu yang telah ditetapkan oleh ketua grup.
3. Bergabung dengan QR Code : bergabung dengan Group Order kini hanya perlu dengan memindai QR Code. Ketua grup tidak perlu lagi mengirimkan tautan ke masing-masing pemesan.
4. Dine-in Deals memungkinkan pengguna yang lebih suka makan di tempat untuk menikmati makan langsung di restoran dengan harga yang lebih terjangkau. Grab mencatat penggunaan Dine-in Deals pun mengalami pertumbuhan sebesar 9,7 kali lipat pada periode Januari-Mei 2023.
GrabFood menawarkan beberapa keuntungan bagi konsumen Dine-in Deals, yakni:
1. Pengembalian dana 100% untuk dine-in voucher : selain mendapatkan potongan harga spesial hingga 50% untuk Dine-in Voucher, pengguna juga dapat mengajukan pengembalian dana 100% sebelum melewati tanggal kadaluarsa voucher yang tertera pada aplikasi, atau 30 hari sejak waktu pembelian.
Jika tanggal kadaluarsa sudah terlewat, pengguna tetap akan menerima pengembalian dana dalam bentuk saldo di bagian offer yang bisa digunakan untuk pembelian voucher berikutnya selama 7 hari setelah voucher kedaluwarsa.
Saat ini, Dine-in Voucher dapat digunakan untuk makan langsung di ribuan restoran di 28 kota di Indonesia.
2. Dine-in discount : pengguna bisa mendapatkan potongan langsung hingga 40% dari total tagihan tanpa minimum pemesanan dengan melakukan pembayaran melalui aplikasi Grab. potongan ini didapatkan tanpa perlu melakukan pembelian Dine-in Voucher sebelumnya.
Hadi menambahkan bahwa bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan ragam fitur pendukung ini kepada pengguna. Sebab, bulan Ramadan menjadi waktu yang spesial untuk quality time dengan orang-orang terdekat selain untuk beribadah.
“GrabFood ingin menjadi bagian dari momen spesial pengguna kami dengan menghadirkan inovasi fitur-fitur pendukung baru yang memberikan kemudahan dan keuntungan lebih bagi para pengguna,” ujar dia.