Pendiri Bukalapak sekaligus mitra pendiri modal ventura Init6 Achmad Zaky bersama Staf Khusus Bidang Kompetensi dan Manajemen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek Pramoda Dei Sudarmo meresmikan izin operasional Universitas Cakrawala.

Universitas Cakrawala telah menyeleksi 600 siswa dari total 1.067 pendaftar. Perguruan tinggi ini resmi mendapatkan Surat Keputusan Menteri yang telah ditandatangani dan disahkan sejak 19 Agustus.

“Universitas Cakrawala hadir dalam ekosistem unggul yang mencakup bisnis, teknologi, keuangan, dan investasi, berkat dukungan dari venture capital Init-6 serta startup Dibimbing.id,” kata Salah satu pendiri Cakrawala sekaligus CEO Dibimbing.id Zaky Syah

Init6 dan Dibimbing.id berfungsi sebagai sistem pendukung yang memperkuat Universitas Cakrawala dalam menyediakan lingkungan yang ideal bagi mahasiswa untuk berkembang.

Universitas Cakrawala mengembangkan kurikulum bernama CareerReady Curriculum yang diaplikasikan melalui 1 Year Focus. Dengan program ini, mahasiswa dapat menyelesaikan Satuan Kredit Semester alias SKS dalam tiga tahun.

Mahasiswa bisa berfokus membuat dan mengembangkan portofolio dan pengalaman kerja selama setahun.

Selain itu, silabus dan materi yang diajarkan di Universitas Cakrawala disusun dengan melibatkan para praktisi di industri untuk memastikan ilmu yang disampaikan sesuai dengan praktik di lapangan.

Universitas Cakrawala menawarkan berbagai program reguler khusus untuk siswa yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu, terdapat program profesional untuk para pekerja yang memerlukan jadwal belajar lebih fleksibel.

Perguruan tinggi itu juga menyediakan beragam beasiswa, termasuk dari GARIS Institute, Yayasan Achmad Zaky Foundation, dan Yayasan Dibimbing Pendidikan Indonesia.