Starlink menyediakan layanan internet di Indonesia sejak Mei atau sudah lima bulan. Bagaimana hasil evaluasi Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo?

"Starlink sangat berguna bagi masyarakat, terutama daerah 3T atau tertinggal, terdepan, dan terluar, karena Jakarta tidak perlu," kata Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi di kantornya, Jakarta, Selasa (1/10).

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII pada 2023 menunjukkan, tingkat penetrasi internet di Indonesia 78,19% dari total populasi. Sebanyak 30,5% sisanya berada di daerah rural. 

Akan tetapi, ia tidak memerinci tingkat penetrasi penggunaan layanan Starlink di Indonesia.

Perangkat Starlink bisa dibeli di Indonesia sejak Mei. Pemilik SpaceX yakni Elon Musk hadir di Tanah Air untuk meresmikan Starlink di Denpasar, Bali, pada 19 Mei.

Kehadiran Starlink sempat menimbulkan pro dan kontra, karena dinilai bisa menghambat persaingan bisnis. Budi Arie Setiadi pun pernah menyampaikan, Kominfo memantau tiga aspek operasional Starlink di Indonesia untuk menjaga level of playing field atau keadilan terhadap semua operator seluler. Ketiga aspek yang dimaksud yakni:

  1. Starlink wajib membangun Network Operation Center alias NOC supaya pemerintah bisa menindak perusahaan jika melanggar regulasi
  2. Starlink harus memiliki tim customer service di Indonesia
  3. Starlink membayar perpajakan yang sama dengan operator seluler lain
Reporter: Kamila Meilina